Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Thrifting di Pasar Santa, Banyak Barang Lucu dan Unik

Kompas.com - 07/11/2023, 13:01 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meski tidak seramai sembilan tahun lalu, tepatnya pada 2014, Pasar Santa masih eksis dengan beragam keunikan dan kelebihan.

Pasar ini masih asyik untuk dijadikan sebagai tempat nongkrong, berburu pernak-pernik yang menarik, sampai menikmati aneka kuliner. 

"Kami pasar modern terdiri dari tiga lantai. Lantai atas ada barang thrift, kaset jadul, vinyl, sama food court," kata salah seorang petugas keamanan kepada Kompas.com di lokasi, Rabu (1/11/2023).

Baca juga: 5 Spot Foto di Pasar Santa Jakarta Selatan, Cocok buat Instagram

Di lantai atas atau lantai satu, masih bisa dijumpai beragam kios thrifting dengan kualitas baik dan barang-barang yang terkurasi. 

Sementara itu, di lantai Basement, pengunjung bisa menemukan aneka kios sayuran, daging, ayam, ikan, atau sembako. Kondisinya kering dan cukup bersih sehingga nyaman untuk berkunjung.

Lalu di Lantai Dasar ada kios perlengkapan rumah tangga, mulai dari kios pakaian, toko emas, alat tulis kantor, peralatan ulang tahun, toko ponsel, sampai tukang jahit. 

Panduan thrifting ke Pasar Santa

Berikut ini Kompas.com rangkum panduan thrifting di Pasar Santa Jakarta:

Jam buka dan lokasi

Pasar Santa atau Santa Modern Market beralamat di Jalan Cipaku I nomor 1, Petogogan, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta, DKI Jakarta.

Pasar Santa masih menerapkan tarif parkir normal pada Minggu, 1 Oktober 2023Kompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Pasar Santa masih menerapkan tarif parkir normal pada Minggu, 1 Oktober 2023

Lokasi tempat ini cukup strategis, sehingga bisa dikunjungi menggunakan transportasi umum seperti naik Transjakarta, turun di Stasiun MRT ASEAN, atau Stasiun KRL Kebayoran. 

Untuk jam buka, sebenarnya tergantung masing-masing tenant. Namun kebanyakan kios di lantai atas beroperasi setiap Senin-Minggu, mulai pukul 11.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Baca juga: Thrifting di Pasar Santa, Bisa Beli Apa Saja?

Adapun kios-kios di lantai dasar dan lantai basement dibuka setiap hari, dengan jam operasional yang lebih awal.

Fasilitas Pasar Santa

Untuk fasilitas yang tersedia di Pasar Santa cukup lengkap. Mulai dari parkir di sekitar gedung yang cukup luas, bisa menampung banyak mobil dan motor.

Toko Kawaki Roastery Pasar Santa, 2023. Toko Kawaki Roastery Pasar Santa, 2023.

Kemudian, selain kios-kios barang, ada beragam kuliner yang bisa ditemukan di lantai atas ataupun di luar gedung Pasar Santa.

Beberapa di antaranya kue manis, hotdog, nasi rawon, aneka kopi, es krim dan soda, nasi ayam, nasi saikoro telur, puding, hingga sate padang.

Baca juga: 5 Tips Thrifting di Pasar Santa di Kebayoran, Datang Sore Hari

Fasilitas penunjang lainnya, tersedia kamar mandi di tiap lantai, mesin penarikan uang atau ATM, dan mushala.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com