Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aktivitas di Contemporary Art Gallery TMII, Bisa Ikut Berkarya

Kompas.com - 09/11/2023, 19:07 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Deretan unit rekreasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, bertambah lagi.

Tidak hanya anjungan, museum, atau danau Archipelago, pengunjung bisa mampir ke Contemporary Art Gallery atau CAG. 

"Kami ingin memperkenalkan karya-karya seni kontemporer di TMII, sehingga tidak hanya seni tradisional yang sudah banyak di sini," kata Edukator CAG TMII, Emily Lafina, di lokasi, Sabtu (4/11/2023).

Baca juga: 4 Spot Foto di Contemporary Art Gallery TMII, Ada Lukisan Anak Muda

Untuk saat ini, ada pameran "Mudaku" dan "Lang-lang Hayat" yang ditampilkan di Contemporary Art Gallery mulai 29 Oktober 2023 sampai dengan 7 Januari 2024. Selanjutnya, akan ada pameran-pameran kontemporer lainnya dengan tema yang berbeda. 

Contemporary Art Gallery berlokasi tidak jauh dari Tourist Information Center TMII, dan berada satu gedung dengan toko merchandise.

Contemporary Art Gallery buka setiap hari Senin-Minggu, termasuk saat hari libur nasional, mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Saat ini pengunjung bisa masuk secara gratis.

Aktivitas di Contemporary Art Gallery

Saat berkunjung ke Contemporary Art Gallery TMII, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan. Kegiatan tersebut tidak terbatas hanya saat pameran "Mudaku" dan "Lang-lang Hayat" digelar. 

1. Menikmati pameran

Aktivitas utama yang bisa dilakukan tentu saja adalah melihat-lihat aneka karya atau koleksi di ruang pameran. Perlu diingat bahwa apapun karyanya, pengunjung tidak diperkenankan untuk menyentuh. 

Pameran Mudaku dan Lang-lang Hayat yang ditampilkan di Contemporary Art Gallery (CAG) TMII, Jakarta Timur, pada 28 Oktober 2023-7 Januari 2024. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Pameran Mudaku dan Lang-lang Hayat yang ditampilkan di Contemporary Art Gallery (CAG) TMII, Jakarta Timur, pada 28 Oktober 2023-7 Januari 2024.

Selain memanjakan mata, kamu juga dapat menambah ilmu dan wawasan dengan cara membaca informasi yang tertera di caption setiap karya.

Baca juga: 5 Tips ke Contemporary Art Gallery TMII, Datang Saat Hari Kerja

Biasanya caption berisi makna, bahan yang digunakan untuk pembuatan karya, perupa, hingga latar belakang singkat karya tersebut dibuat. 

2. Berburu foto

Layaknya galeri seni kontemporer yang memajang karya-karya indah, pengunjung dibebaskan untuk berburu foto atau membuat konten di sini.

Pengunjung yang berfoto di Contemporary Art Gallery (CAG) TMII, Jakarta Timur, Sabtu (4/11/2023). KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Pengunjung yang berfoto di Contemporary Art Gallery (CAG) TMII, Jakarta Timur, Sabtu (4/11/2023).

Namun, dalam pengambilan video atau foto, pengunjung tidak boleh menggunakan flash dan tidak merusak karya. 

Beberapa spot foto yang direkomendasikan antara lain lukisan di depan lift, di tengah-tengah sudut dinding lukisan, di depan gambar ikan, serta di antara karya struk belanja. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com