Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berpotensi Jadi Piramida Tertua di Dunia, Di Mana Letak Gunung Padang?

Kompas.com - 11/11/2023, 14:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Gunung Padang tengah menjadi sorotan usai sebuah penelitian menyebutkan bahwa gunung tersebut berpotensi menjadi piramida tertua di dunia. Mendengar nama Gunung Padang, mayoritas masyarakat pasti berpikir jika lokasinya berada di Padang, Sumatera Barat. 

Namun ternyata, Gunung Padang tidak berada di Ranah Minang. Lantas, di mana letak Gunung Padang? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga:

Sebagai informasi, penelitian mengenai Gunung Padang dilakukan oleh Danny Hilman Natawidjaja, dkk., yang dirangkum dalam artikel bertajuk Geo-Archaeological Prospecting of Gunung Padang Buried Prehistoric Pyramid in West Java, Indonesia atau Prospek Geo-Arkeologi Piramida Prasejarah Gunung Padang yang Terkubur di Jawa Barat, Indonesia.

Artikel tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Archaeological Prospection. Dalam artikel jurnal tersebut, Danny Hilman Natawidjaja, dkk, menyatakan, hasil studi tersebut memperkirakan bahwa Gunung Padang bukanlah sebuah bukit, melainkan konstruksi berbentuk piramida prasejarah yang berlapis-lapis.

Gunung Padang berdiri sebagai bukti luar biasa, yang berpotensi menjadi piramida tertua di dunia,” (Danny Hilman Natawidjaja, dkk, 2023: 23).

Dalam artikel jurnal tersebut, Danny Hilman Natawidjaja, dkk, menyebutkan bahwa inti piramida tersebut, diperkirakan berupa bukit lava yang terbentuk secara alami, lalu dipahat. Kemudian, bukit lava tersebut diselimuti dengan lapisan konstruksi batuan.

Konstruksi tertua, kemungkinan besar berasal dari bukit lava alami kemudian dipahat dan diselimuti secara arsitektural, selama periode glasial terakhir antara 25.000 dan 14.000 sebelum masehi,” (Danny Hilman Natawidjaja, dkk, 2023: 23).

Baca juga:

Di mana letak Gunung Padang?

Situs Megalitikum di Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat. 
Sebuah penelitian menyebutkan Gunung Padang berpotensi jadi piramida tertua di dunia.SHUTTERSTOCK/USKARP Situs Megalitikum di Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat. Sebuah penelitian menyebutkan Gunung Padang berpotensi jadi piramida tertua di dunia.

Lantas, di mana letak Gunung Padang? Meskipun namanya Gunung Padang, namun lokasinya berada di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Dari pusat Kota Cianjur, Gunung Padang berjarak 30 kilometer (km) atau sekitar satu jam berkendara.

Situs Gunung Padang berbatasan dengan Sungai Cimanggu di sebelah utara. Kemudian, sebelah timur berbatasan dengan Kali Cikuta, sebelah selatan dengan Kali Cikuta, Kampung Empang, Pasir Cikuta, dan Kampung Cikuta.

Sementara di sebelah barat, Situs Gunung Padang berbatasan dengan Kali Cipanggulaan, Pasir Cipanggulaan, dan Kampung Cipanggulaan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com