Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Cepat Whoosh Angkut 21.000 Penumpang, Okupansi Rata-rata Capai 98 Persen

Kompas.com - 13/11/2023, 09:35 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kereta Cepat Whoosh kembali mengangkuti 21.312 penumpang hingga 12 November 2023.

Jumlah ini dicapai melalui pengoperasian 36 jadwal perjalanan, dengan rincian 28 perjalanan reguler dan delapan perjalanan tambahan.

"Angka volume penumpang tersebut menjadi capaian kinerja angkutan tertinggi selama Kereta Cepat Whoosh beroperasi," ujar Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunisa, dalam siaran tertulis, Minggu (12/11/2023). 

 Baca juga: Batita Gratis Naik Kereta Cepat Whoosh, Simak Caranya

Sebagai informasi, sebelumnya volume penumpang tertinggi terjadi pada 11 November sebanyak 20.000 penumpang dan 18.000 penumpang pada 4 November.

Dibandingkan pekan lalu, terjadi peningkatan jumlah penumpang kereta cepat Whoosh sebesar 18 persen atau sebanyak 3.259 penumpang.

"Dari sisi jumlah perjalanan, terjadi peningkatan jumlah perjalanan sebesar 12 persem dari 32 perjalanan di 4 November menjadi 36 perjalanan di 11 dan 12 November," imbuhnya. 

Baca juga: Penumpang Kereta Cepat Whoosh Diimbau Tiba di Stasiun 30 Menit Sebelum Berangkat

Rata-rata okupansi hampir 100 persen

Peningkatan jumlah penumpang ini dikatakan Eva seiring dengan adanya peningkatan jumlah perjalanan di akhir pekan.

"Kereta Cepat Whoosh kini menjadi salah satu moda transportasi pilihan masyarakat untuk melakukan perjalanan Jakarta-Bandung dan sebaliknya," tuturnya. 

Ilustrasi kereta cepat Whoosh. Kereta cepat Whoosh memiliki tiga kelas kursi yang bisa dipilih oleh penumpang.Dok. PT KCIC Ilustrasi kereta cepat Whoosh. Kereta cepat Whoosh memiliki tiga kelas kursi yang bisa dipilih oleh penumpang.

Berdasarkan data tiket terjual, dari 21.312 penumpang, 497 penumpang atau 2,3 persen di antaranya merupakan penumpang first class, 886 penumpang atau 4,2 persen penumpang business class, dan 19.929 penumpang atau 93,5 persen penumpang premium economy class.

"Rata-rata okupansi masing-masing perjalanan mencapai 98,5 persen. Adapun untuk jadwal tertentu okupansinya mencapai 100 persen atau terjual habis," ungkap Eva. 

Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Bikin Ramai Beberapa Wisata di Bandung Barat

Melihat tingginya permintaan penumpang tersebut, ia menyebut pihaknya secara berkala juga melakukan evaluasi khususnya terkait jadwal dan jumlah perjalanan kereta.

"KCIC berharap, ke depannya penumpang akan tetap terus tinggi dan semakin banyak yang terbantu dengan kehadiran Kereta Cepat Whoosh, termasuk peningkatan dari berbagai sektor seperti pariwisata, UMKM, dan lainnya," pungkas dia. 

Untuk diketahui, dari laporan Kompas.com (29/10/2023), tarif kereta cepat Whoosh untuk satu kali perjalanan adalah mulai Rp 150.000 per orang. Tarif promo ini berlaku hingga 30 November 2023, sebelum kembali ke tarif normal Rp 300.000. 

Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Tambah Promo Gratis Masuk Tempat Wisata

Calon pelaku perjalanan bisa membeli tiket Kereta Cepat Whoosh melalui aplikasi Whoosh, aplikasi Access by KAI, aplikasi Livin by Mandiri, situs web ticket.kcic.co.id, loket, dan ticket vending machine di stasiun.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com