Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Turis Asing ke Jepang Naik 100,8 Persen dari Tahun Lalu

Kompas.com - 16/11/2023, 07:11 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Pemulihan pariwisata Jepang kian terlihat dan kini menunjukkan pemulihan penuh untuk kali pertama sejak pelonggaran pembatasan Covid-19 tahun lalu, dalam hal kedatangan pengunjung internasional.

Data resmi Organisasi Pariwisata Nasional Jepang (JNTO), jumlah pengunjung asing untuk bisnis dan liburan naik menjadi 2,52 juta pada Oktober dan 2,18 juta pada September.

Dikutip dari Reuters, angka ini naik 100,8 persen dari tingkat kunjungan yang terlihat pada 2019 atau sebelum pandemi Covid-19.

Baca juga:

Adapun tahun lalu, ketika melonggarkan pembatasan Covid-19 pada Oktober 2022, Jepang melanutkan kebijakan bebas visa perjalanan bagi sejumlah negara dan menghapus semua pembatasan terkait Covid-19 pada Mei.

Tingkat kunjungan yang melebihi angka dua juta selama lima bulan hingga Oktober 2023 juga didorong oleh pelemahan mata uang yen, yang membuat Jepang menjadi tujuan wisata yang tergolong ramah kantong.

Selain itu, menurut data JNTO, pemulihan penerbangan ke Jepang meski belum sepenuhnya tetapi sudah mencapai angka 80 persen dibandingkan angka sebelum pandemi.

Hal ini dipicu oleh tingginya permintaan perjalanan ke Jepang dari Asia Tenggara, Amerika Utara, Eropa, dan Australia.

Sebagai catatan tambahan, kunjungan wisatawan dari Kanada, Meksiko, dan Jerman mencapai angka tertinggi sepanjang masa untuk setiap bulannya. Ini terjadi setelah pelonggaran pembatasan Covid-19.

Baca juga:

Kenaikan angka kedatangan dari berbagai negara ini pada akhirnya membantu mengimbangi pemulihan wisata yang lambat dari pengunjung asal daratan China, yang masih berada di bawah 65 persen dibandingkan pada 2019.

Pada 2019 atau sebelum pandemi, kunjungan dari daratan China menyumbang hampir sepertiga dari total kunjungan turis asing ke Jepang dan 40 persen total pengeluaran wisatawan di Negeri Sakura.

Adapun secara keseluruhan, dalam 10 bulan terakhir, JNTO mencatat kunjungan turis asing mencapai 20 juta orang.

Angka yang cukup baik meskipun masih jauh dari catatan rekor pada 2019 yang mencapai 32 juta wisatawan mancanegara.

@kompastravel Harga tiket masuk One Piece Exhibition Asia Tour mulai dari Rp 155.000 untuk pengunjung lanjut usia (lansia), pelajar, dan anak-anak, guys.. Nah, untuk pengunjung dewasa harga tiketnya mulai dari Rp 230.000 (weekdays) dan mulai dari Rp 300.000 (weekend). Saran mimin beli tiketnya online aja yaaa. Caranya, kunjungi akun instragram @onepieceasiatour, lalu klik link yang ada di bio.. Selamat bernostalgiaaa #onepiece #onepieceindonesia #animelover #jakartaevent ? One Piece - YungLex
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com