Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengunjungi Stasiun Captain Tsubasa di Tokyo

Kompas.com - 08/11/2023, 11:48 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Ketika berkunjung ke Jepang, pencinta anime dan manga Captain Tsubasa tak boleh melewatkan kesempatan singgah sejenak di Stasiun Yotsugi di Katsushika, Tokyo.

Ini adalah stasiun tematik yang penuh dengan poster karakter serial Captain Tsubasa di berbagai sudutnya.

Stasiun ini dilewati layanan kereta di Keisei Oshiage Line.

Baca juga: Cara Mengajukan Bebas Visa Jepang secara Daring dan Penggunaannya

Menurut situs resmi layanan kereta tersebut, interior stasiun dihiasi oleh beragam ornamen dan poster serial Captain Tsubasa karena lokasinya merupakan rumah dari penulis manga dari serial ini, Yoichi Takahashi.

Dikutip dari Kyodo News, peresmian stasiun pada 2019 lalu dihadiri langsung oleh bintang sepak bola Spanyol Andres Iniesta yang ternyata merupakan penggemar berat Captain Tsubasa.

Adapun Iniesta sebelumnya juga pernah membela klub asal Jepang, Vissel Kobe.

Menjelajahi stasiun Captain Tsubasa

Di sela perjalanan di Jepang, saya menyempatkan diri mampir ke Stasiun Yotsugi.

Berangkat dari arah Itabashi, saya tiba di peron 2. Sebagai penggemar serial ini, saya merasa begitu bersemangat ketika gambar salah satu karakter utama serial, Kojiro Hyuga menyambut ketika pintu gerbong kereta terbuka.

Karakter Kojiro Hyuga di salah satu sudut peron Stasiun Yotsugi di Tokyo, Jepang, Selasa(7/11/2023).KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Karakter Kojiro Hyuga di salah satu sudut peron Stasiun Yotsugi di Tokyo, Jepang, Selasa(7/11/2023).

Di sudut lainnya, tak hanya karakter Hyuga, ada juga potret karakter utama lainnya, yakni Tsubasa Ozora, Taro Misaki, dan Genzo Wakabayashi yang terpampang di sisi dinding yang sama.

Baca juga: Terancam Overtourism, Jepang Akan Naikkan Tarif Tiket Kereta Saat Liburan

Stasiun ini tak begitu ramai dan ukurannya juga terbilang kecil. Sehingga, setelah aktivitas penurunan dan penaikkan penumpang, stasiun relatif sepi.

Bagi pelancong yang khusus datang untuk melihat suasana stasiun Captain Tsubasa ini, itulah saat yang tepat untuk menjelajahi banyak sudutnya.

Tak lama setelah tiba, pengumuman stasiun menggema.

Berbeda dari stasiun-stasiun lain, pengumuman di stasiun ini diawali potongan lagu pembuka serial anime Captain Tsubasa. Membuat para penggemar lebih bersemangat lagi untuk menjelajahi stasiun dan sekitarnya.

Ketika menuruni tangga, lagi-lagi pengunjung akan disambut dinding penuh adegan manga Captain Tsubasa yang penuh warna.

Salah satu sudut di Stasiun Yotsugi di Tokyo, Jepang, Selasa (7/11/2023).KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Salah satu sudut di Stasiun Yotsugi di Tokyo, Jepang, Selasa (7/11/2023).

Tepat di depan tangga, karakter Tsubasa menyambut dengan tulisan "selamat datang" dalam berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Sambil menuruni tangga secara perlahan, kita bisa menyaksikan potongan komik yang ada di sisi dinding.

Di sana, saya menyempatkan waktu sejenak untuk selfie di depan dinding bergambar karakter kesukaan saya, Genzo Wakabayashi.

Baca juga: Pemerintah Ingin Penerbangan Langsung ke Jepang Ditambah, Tingkatkan Kunjungan

Pada sisi lain tangga juga ditempelkan gambar karakter serial, sehingga kita berdiri di depan anak tangga paling bawah untuk berfoto dengan latar karakter yang terpampang.

Tak hanya pada dinding, jika menunduk kita akan menyadari bahwa lantai stasiun juga dihias seolah rumput lapangan hijau. Membuat kita semakin terkesan masuk ke dalam manga atau anime Captain Tsubasa ini.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com