Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Musim Dingin di Jepang, Ini Rekomendasi Tempatnya

Kompas.com - 16/08/2023, 18:06 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di wilayah Asia, salah satu destinasi wisata musim dingin yang bisa dikunjungi adalah Jepang. 

Jepang kerap kali menduduki peringkat sebagai salah satu destinasi untuk bermain ski dan papan seluncur salju teratas di dunia, seperti dikutip dari laman Japan National Tourism Organization (JNTO). 

Baca juga:

"Saat musim dingin tentunya rekomendasi (wisata) adalah daerah-daerah bersalju seperti Hokkaido, Hoku, Niigata, Nagano, itu daerah yang biasanya turun saljunya sangat banyak," ujar Executive Director JNTO Tamaki Hatakenaka saat ditemui di Jakarta, Selasa (15/8/2023). 

Beberapa daerah tersebut, lanjut dia, bisa jadi tempat menarik untuk wisatawan Indonesia dan wisatawan asing karena terkenal jadi lokasi bermain ski.

Kendati demikian, Tamaki menambahkan, mungkin tidak semua wisatawan Indonesia kuat menghadapi salju saat musim dingin di Jepang. Oleh karena itu, ia memberikan alternatif lain bagi yang tidak ingin bermain di luar ruangan. 

"Jadi ada cara lain untuk menikmati musim dingin. Justru di dalam ruangan, makan makanan hangat, terutama hotpot," terangnya. 

Selain bermain ski atau aktivitas luar ruangan lainnya, kata dia, menikmati makanan hangat, berendam di air panas, atau berfoto dengan latar pegunungan salju bisa menjadi cara tepat untuk menikmati musim dingin. 

Wisatawan berfoto di obyek wisata Noboribetsu Jikogudani, Kota Noboribetsu, Prefektur Hokkaido, Jepang, Selasa (12/2/2019). Noboribesu Jikogudani merupakan sebuah kaldera vulkanis yang terbentuk akibat erupsi Gunung Hiyoriyama.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan berfoto di obyek wisata Noboribetsu Jikogudani, Kota Noboribetsu, Prefektur Hokkaido, Jepang, Selasa (12/2/2019). Noboribesu Jikogudani merupakan sebuah kaldera vulkanis yang terbentuk akibat erupsi Gunung Hiyoriyama.

Wisata musim dingin di Jepang, kapan bulan yang tepat?

Dilansir dari laman JNTO, Rabu (16/8/2023), musim bermain ski di Jepang biasanya dimulai dari bulan Desember hingga April. Namun, tanggal pastinya tergantung tiap resor dan lokasi masing-masing.

Di Hokkaido, mengingat lokasinya di utara, serta pegunungan Nagano, yang terletak lebih tinggi, salju cenderung turun lebih cepat dengan volume lebih besar pada musim dingin bila dibandingkan tempat lain di Jepang. 

Sementara itu, musim puncaknya adalah pada bulan Januari dan Februari ketika curah salju turun lebih teratur. Pada bulan Maret bisa juga terdapat banyak tumpukan salju, meskipun cuaca mulai tidak dapat diperkirakan.

Adapun periode liburan Natal dan tahun baru hingga awal bulan Februari, merupakan waktu-waktu jumlah pengunjung tertinggi yang berwisata. 

Baca juga:

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com