Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata ke Jepang, Ini Rekomendasi Kuliner yang Tak Boleh Dilewatkan

Kompas.com - 16/08/2023, 16:13 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

Sumber JNTO

KOMPAS.com - Saat sedang berlibur ke negara lain, hal yang tak boleh terlewatkan tentu adalah mencicipi kuliner khas daerah tersebut. 

Termasuk saat berwisata ke Jepang, ada sejumlah kuliner yang sebaiknya dicoba. Meski bisa ditemukan juga di Jakarta atau di kota asal masing-masing, rasa otentik tentu tak dapat dipungkiri. 

"Yang direkomendasikan pertama adalah ramen, kemudian wagyu daging sapi jepang, sama sushi," kata Executive Director Japan National Tourism Organization (JNTO) Tamaki Hatakenaka saat ditemui di Jakarta, Selasa (15/8/2023).

"Khususnya sushi di Jepang pasti pakainya ikan mentah yang segar, jadi ini mungkin kesempatan yang jarang dan harus dinikmati saat ada di Jepang ya," imbuhnya. 

Baca juga: Jepang Bidik Potensi Wisata Halal dan Ramah Muslim

Selain menu tersebut, kata dia, telur mentah di Jepang juga menjadi rekomendasi makanan bagi wisatawan mancanegara. Biasanya, telur mentah ini disajikan dengan nasi putih dan dicampur dengan bumbu lain. 

"Terakhir itu natto. Mirip sama tempe, bedanya tempe itu keras, natto ini lunak dan lengket kemudian sedikit berbau," kata dia.

Tamaki mengatakan, natto mungkin akan terasa tidak familiar dan agak aneh di lidah orang Indonesia. Namun, menurutnya, tidak ada salahnya mencoba sesuatu yang baru dan menikmati hal-hal otentik saat berkunjung ke Jepang. 

"Tapi kembali lagi, sayang sudah datang ke Jepang kalau tidak mencoba makanan khas sana," pungkasnya. 

Baca juga: Bebas Visa ke Jepang Sudah Bisa Diajukan WNI Pemegang E-paspor

Jenis ramen dan rekomendasinya

Dikutip dari laman resmi JNTO, Rabu (16/8/2023), ramen di Jepang adalah hidangan santai. Ramen merupakan makanan yang praktis, all-in-one yang cocok dengan gyoza atau nasi goreng. 

ilustrasi ramen.SHUTTERSTOCK/Bankoo ilustrasi ramen.

Ramen juga dapat ditemukan di seluruh penjuru Jepang, sehingga terdapat banyak variasi tergantung daerah dan gaya masing-masing restoran.

Tiga dari empat jenis ramen yang paling umum dapat dibedakan dari jenis bumbu yang digunakan dalam sup. Ketiganya adalah shio (garam), shoyu (kecap), dan miso. Rumah makan di Jepang biasanya akan berfokus pada satu atau dua jenis sup.

Baca juga: Jepang Kini Punya Taman Hiburan Indoor Bertema Harry Potter

Hampir setiap area di Jepang memiliki variasinya sendiri, seperti kaldu sapi Tottori atau ramen “stamina” Tenri yang banyak berisi sayuran.

Namun, selain mencoba restoran lokal, bagi wisatawan muslim harap berhati-hati dan mengecek bahan yang digunakan, karena banyak ramen di Jepang memakai kaldu babi. 

@kompastravel Yang mau ke Attack on Titan The Final Exhibition, harga tiketnya Rp. 200.000 untuk umum dan Rp. 150.000 buat pelajar. Buat pelajar, jangan lupa bawa kartu identitas pelajarnya ya.. Oh jya, penyelenggara hanya menyediakan kapasitas maksimal 400 orang untuk satu slot kunjungan yang berlangsung selama 3 jam. Jadi, walaupun bisa beli on the spot, disarankan beli online saja ya. Exhibitionnya dari tanggal 17 Juni-22 Oktober ya guys! Have fun! #attackontitan #attackontitanfinalexhibtion #jakartaevent #jakartaplacetogo ? Japanese Trap Beat - Akirih

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com