Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampung Batik di Solo Turut Rasakan Dampak Positif Piala Dunia U-17

Kompas.com - 21/11/2023, 18:32 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Kampung Batik di Solo baik Laweyan dan Kampung Batik Kauman turut merasakan dampak positif dari penyelenggaraan Piala Dunia U-17 yang sudah dimulai sejak 10 November 2023.

Adapun Solo adalah satu dari empat tuan rumah perhelatan dua tahunan tersebut.

Ketua Paguyuban Kampung Batik Kauman Gunawan Setiawan mengatakan bahwa selama perhelatan, ada sejumlah kunjungan dari official maupun penonton yang datang ke tempatnya.

"Yang pasti setiap hari ada, dari kelompok ini jumlahnya puluhan yang berkunjung ke kampung kami," ujar Gunawan di Solo, Jawa Tengah, Selasa (21/11/2023), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: Benteng Vastenburg, Awal Mula Permukiman Eropa di Solo

Ia belum bisa memastikan jumlah pengunjung yang datang dari official maupun penonton Piala Dunia U-17.

Menurutnya, para pengunjung yang datang kebanyakan melakukan berbagai aktivitas, termasuk berfoto dan secara langsung melihat produksi batik.

"Kunjungan wisata yang mereka lakukan ini menjadikan kegiatan Piala Dunia U-17 tidak hanya olahraga tapi juga hiburan, wisata, mengenal budaya, dan sesuatu yang bikin tamu kita tidak bosan, hanya lihat bola," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Forum Pengembangan Kampoeng Batik Laweyan (FPKBL) Alpha Febela Priyatmono juga merasakan dampak positif yang sama.

Baca juga: 4 Toko Buku Instagramable di Solo, Bisa Sambil Nongkrong 

Ia berharap, perhelatan serupa bisa secara rutin dilaksanakan setiap tahunnya untuk meramaikan kunjungan wisata di kampung batik yang ada di Solo.

Sebab, batik merupakan warisan budaya dunia yang sudah diakui UNESCO sehingga seharusnya terus digaungkan ke khalayak luas.

"Insya Allah event seperti ini bisa diadakan secara rutin. Bisa mendongkrak pendapatan daerah. Selain itu, potensi ini kalau dikembangkan dan dikolaborasikan akan mendongkrak kunjungan wisatawan," tuturnya.

Di samping itu, Alpha berharap, para pelaku kerajinan batik bisa lebih dilibatkan terhadap acara-acara yang berpotensi mendatangkan banyak wisatawan ke Solo, salah satunya dari sisi promosi.

@kompastravel Sudah pernah mampir ke museum ini belum? Yapp, ini namanya Museum Kretek, lokasinya ada di Kudus, Jawa Tengah. Museum ini jadi perhatian lagi karena dijadikan lokasi syuting serial Gadis Kretek. Ada apa di museum ini? Tonton videonya sampai selesai ya.. #museumkretek #museumkretekkudus #gadiskretek #wisatakudus ? gadis kretek soundtrack - Shanoon music
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com