Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solo Masuk Daftar Baru Kota Kreatif UNESCO 2023

Kompas.com - 03/11/2023, 07:10 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

Sumber UNESCO

KOMPAS.com - Kota Surakarta atau Solo, Jawa Tengah, masuk daftar Kota Kreatif UNESCO (UNESCO Creative Cities) yang baru pada Selasa (31/10/2023), dengan kategori Kerajinan dan Kesenian Rakyat.

"Kota-kota baru diakui atas komitmen kuat mereka dalam memanfaatkan budaya dan kreativitas sebagai bagian dari strategi pembangunan. Serta, menunjukkan praktik-praktik inovatif dalam perencanaan kota yang berpusat pada manusia," bunyi keterangan dari laman resmi UNESCO, dikutip Kamis (2/11/2023).

Baca juga:

Direktur Jenderal UNESCO, Audrey Azoulay, menetapkan ada sekitar 55 kota yang baru bergabung sebagai Kota Kreatif.

Penambahan kota baru ini memperluas cakupan UNESCO ke 350 kota di lebih dari 100 negara di dunia yang mewakili tujuh bidang kreatif, di antaranya bidang Kerajinan dan Seni Rakyat, Desain, Film, Gastronomi, Sastra, Seni Media, dan Musik.

Baca juga: 10 Desa Wisata di Gunungkidul, Ada Lokasi Geopark yang Diakui UNESCO

Taman Pracima di kompleks Pura Mangkunegaran, SoloShutterstock/Rosmilyar Taman Pracima di kompleks Pura Mangkunegaran, Solo

Kota-kota yang baru ditetapkan ini nantinya akan bekerja sama dengan anggota jaringan Kota Kreatif lainnya untuk memperkuat ketahanan dalam menghadapi ancaman yang terus berkembang.

Ancaman yang dimaksud, antara lain perubahan iklim, peningkatan kesenjangan, serta urbanisasi yang pesat, dengan 68 persen populasi dunia diproyeksikan akan tinggal di wilayah perkotaan pada tahun 2050.

“Kota-kota di Jaringan Kota Kreatif ini akan memimpin untuk meningkatkan akses terhadap budaya, serta menggalang kekuatan kreativitas untuk ketahanan dan pembangunan perkotaan,” kata Audrey.

Baca juga:

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com