Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaldera Toba Dapat Kartu Kuning UNESCO, Menparekraf: Belum Ada Kerugian

Kompas.com - 03/10/2023, 18:20 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan bahwa belum ada kerugian yang tercatat usai Geopark Kaldera Toba, Sumatera Utara, diberikan 'kartu kuning’ oleh UNESCO.

Kendati demikian, ia menegaskan bahwa pemerintah akan mengatasi persoalan tersebut secara serius.

Baca juga:

“Dari segi kerugian belum ada yang kita catat, karena tentunya yang perlu kita pastikan bahwa komunikasi dan narasi keluar bahwa kita serius menangani ini,” ujar Menparekraf dalam Weekly Press Briefing yang dipantau secara daring, Senin (2/10/2023).

Lebih lanjut, kata dia, hal ini menjadi pengingat untuk mendorong terbentuknya sinergi dalam mengelola kawasan Kaldera Toba.

“Ini menurut kami menjadi semacam bel atau alarm untuk lebih melakukan sinergi,” imbuhnya.

Untuk membenahi pengelolaan kawasan Kaldera Toba, ia menjelaskan, akan didorong kolaborasi antara Badan Pengelola Toba Caldera UNESCO Global Geopark (BPTCUGGp) dan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) dalam mengelola kawasan wisata, termasuk melibatkan pemerintah pusat maupun daerah, serta pemangku kepentingan lainnya.

"Ke depan akan lebih banyak integrasi antara kegiatan-kegiatan di Badan Otorita dan juga ke Badan Pengelola, dan integrasi ini akan melibatkan pemerintah daerah, pemerintah pusat, dan juga stakeholder terkait lainnya," jelasnya.

Danau Toba di Sumatera Utara.SHUTTERSTOCK/MOHD SHUKRI DAUD Danau Toba di Sumatera Utara.

Adapun ia menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menunggu keterangan resmi dari UNESCO terkait pembenahan dalam pengelolaan kawasan Kaldera Toba.

"Sebetulnya apa yang di-highlight (ditekankan) oleh UNESCO itu kita lagi menunggu teks lengkapnya," ujar Menparekraf.

Baca juga:

Menata ulang SDM

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama BPODT Jimmy Panjaitan menyampaikan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan menata ulang aspek sumber daya manusia (SDM) BPTCUGGp sesuai rekomendasi dari UNESCO.

"Dalam waktu dekat Pemprov (Pemerintah Provinsi) menyatakan akan melakukan reorganisasi dan penyegaran SDM sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh UNESCO Global Geopark," kata Jimmy.

Sebagai informasi, sebelumnya, dalam rapat UNESCO Global Geopark di Maroko dari Senin (4/9/2023) hingga Selasa (5/9/2023), kawasan Taman Bumi (Geopark) Kaldera Toba mendapatkan "kartu kuning" dari UNESCO.

Kartu kuning itu merupakan peringatan dari UNESCO yang berarti badan pengelola wilayah tersebut tidak memenuhi beberapa kriteria yang ditetapkan.

Baca juga: 6 Wisata Dekat Patung Yesus Sibea-bea Samosir, Bisa Lihat Danau Toba

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com