Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Wisata Kapal Pinisi Pertama di Danau Toba, Sekian Tarifnya

Kompas.com - 21/07/2023, 08:55 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Danau Toba, Sumatera Utara, akan dilengkapi wisata kapal pinisi untuk pertama kalinya yang direncanakan berlayar mulai Agustus 2023. Namanya Pinisi Kenzo.

"Jadi ini (pinisi) pertama yang akan beroperasi di kawasan wisata Danau Toba. Dan ini adalah fasilitas yang mudah kita temui seperti live on board di beberapa destinasi lain," tutur Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, lewat keterangan resmi, Jumat (21/7/2023).

Baca juga:

Menparekraf melanjutkan, kapal ini memiliki gorga (seni ukir atau seni pahat batak toba) serta sejumlah ornamen yang melambangkan delapan kabupaten/kota. 

Ia berharap kapal tersebut bisa menambah alternatif transportasi ke Pulau Samosir dan beberapa pelabuhan. 

Namun ia juga berpesan agar kapal tersebut tetap memprioritaskan keselamatan dan kenyamanan wisatawan.

Fasilitas dan tarif pinisi Danau Toba

Menparekraf Sandiaga Uno meninjau kapal pinisi wisata pertama di kawasan Danau Toba yang akan menawarkan paket wisata berkeliling Danau Toba dan juga live on board, Pantai Parapat, Simalungun, Rabu (19/7/2023).Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menparekraf Sandiaga Uno meninjau kapal pinisi wisata pertama di kawasan Danau Toba yang akan menawarkan paket wisata berkeliling Danau Toba dan juga live on board, Pantai Parapat, Simalungun, Rabu (19/7/2023).

Pemilik Pinisi Kenzo, Anthony Sitorus, mengatakan bahwa pihaknya menawarkan paket wisata mengelilingi Danau Toba dan bermalam di atas kapal bagi wisatawan.

Fasilitas yang tersedia di kapal, antara lain empat kamar tidur, toilet di dalam kamar, dua toilet di luar kamar, dan bar. Kapal ini berkapasitas 11 orang.

Adapun beberapa aktivitas penunjang yang bisa dilakukan wisatawan adalah canoeing, paddling, dan menembak ikan.

Baca juga:

Ia melanjutkan, terdapat paket full day dari pagi hingga sore mengelilingi Danau Toba, sudah termasuk makan siang dan snack. Tarifnya mulai Rp 20 juta.

"Sedangkan kalau untuk dua hari satu malam itu Rp 35 juta, sudah termasuk sarapan, makan siang, makan malam, dan aktivitas yang menunjang pinisi kita," ujar Anthony.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com