Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Venue Piala Dunia U17 2023, Ini 8 Wisata Dekat Stadion Manahan Solo

Kompas.com - 04/11/2023, 23:39 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U17 2023 yang akan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (8/8/2023), ada empat stadion venue Piala Dunia U17 2023. Meliputi, Jakarta International Stadium (Jakarta), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), dan Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Baca juga:

Penonton yang menyaksikan laga sepak bola tersebut, dapat mampir ke sejumlah tempat wisata dekat venue Piala Dunia U17 2023. Kompas.com merangkum wisata dekat Stadion Manahan Solo sebagai salah satu venue Piala Dunia U17 2023.

1. Taman Balekambang 

Taman Balekambang Solo. Wisata dekat Stadion Manahan Solo yang menjadi venue Piala Dunia U17 2023KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Taman Balekambang Solo. Wisata dekat Stadion Manahan Solo yang menjadi venue Piala Dunia U17 2023

Jarak dari Stadion Manahan ke Taman Balekambang hanya sekitar 800 meter. Taman Balekambang adalah obyek wisata yang sudah berdiri sejak 1921, sehingga usianya mencapai 102 tahun.

Meskipun usianya sudah satu abad, namun Taman Balekambang tetap menjadi salah satu wisata populer di Solo. Wisatawan bisa menikmati suasana taman yang sejuk di tengah perkotaan.

Mengutip dari Kompas.com, Senin (28/3/2022), obyek wisata ini merupakan pemberian Raja Mangkunegara VII kepada dua anaknya, yaitu Gusti Raden Ayu Partinah dan Gusti Raden Ayu Partini. 

Oleh sebab itu, saat berkunjung ke Taman Balekambang wisatawan akan melihat dua patung yang berada di tengah taman dan di tengah kolam. Kedua patung itu menggambarkan Gusti Raden Ayu Partinah dan Gusti Raden Ayu Partini. 

2. Lokananta Bloc 

Lokananta Bloc, wisata dekat Stadion Manahan Solo yang menjadi venue Piala Dunia U17 2023Kompas.com/Reza Kurnia Darmawan Lokananta Bloc, wisata dekat Stadion Manahan Solo yang menjadi venue Piala Dunia U17 2023

Tempat wisata ini adalah wajah baru studio rekaman musik legendaris di Kota Solo, Lokananta. Alamatnya berada di Jalan Ahmad Yani Nomor 379 A, Kerten, Kecamatan Laweyan, sekitar 2 kilometer (km) dari Stadion Manahan.

Setelah renovasi sejak November 2022, Lokananta Bloc dibuka kembali pada 3 Juni 2023 lalu. Meskipun direnovasi, pengunjung masih bisa menjumpai beragam koleksi studio rekaman musik Lokananta dari waktu ke waktu, seperti piringan hitam, compact disk (CD), kaset, mesin rekaman, mesin pemotong pita, dan sebagainya.

Kini, Lokananta Bloc dilengkapi berbagai fasilitas seperti museum atau galeri studio rekaman, arena pertunjukan, area kuliner, dan galeri UMKM. Selain melihat koleksi studio rekaman Lokananta, pengunjung bisa menonton konser musik, atraksi seni budaya, mengunjungi pameran musik, dan belanja vinyl serta cinderamata musik.

Wisatawan juga bisa sekadar nongkrong di kafe atau bersantai menikmati sore di ampiteater Lokananta Bloc.

3. Taman Tirtonadi 

Taman Bendung Tirtonadi atau Taman Tirtonadi adalah salah satu taman anyar di Kota Solo yang diresmikan pada 2019 lalu. Sesuai namanya, lokasi taman  berada di depan Terminal Bus Tirtonadi, sekitar 2 km dari Stadion Manahan.

Mengutip Kompas.com (21/1/2019), Taman Bendung Tirtonadi berada di pinggir Sungai Pepe yang bermuara di Sungai Bengawan Solo. Pinggiran sungai tersebut, dilengkapi dengan pedestarian dan taman sehingga bisa menjadi tempat nongkrong warga.

Ikon taman ini adalah jembatan melintang di atas sungai. Uniknya, material jembatan tersebut sebagian besar menggunakan kaca, baik di lantai maupun pembatas kanan dan kiri.

4. Pura Mangkunegaran

Pendopo Ageng Pura Mangkunegaran. Wisata dekat Stadion Manahan Solo yang menjadi venue Piala Dunia U17 2023Shutterstock/Anom Harya Pendopo Ageng Pura Mangkunegaran. Wisata dekat Stadion Manahan Solo yang menjadi venue Piala Dunia U17 2023

Berkunjung ke Kota Solo tidak lengkap tanpa mengunjungi keraton. Perlu diketahui, Kota Solo memiliki dua istana yakni Keraton Surakarta dan Pura Mangkunegaran.

Adapun yang terdekat dari Stadion Manahan adalah Pura Mangkunegaran yang berjarak sekitar 3,3 km. Wisatawan bisa berkunjung ke Pendopo Ageng Pura Mangkunegaran yang merupakan pendopo keraton terbesar di Indonesia.

Jika beruntung, wisatawan bisa menyaksikan latihan tari tradisional Jawa. Adapula koleksi gamelan, museum, dan perpustakaan yang bisa dikunjungi wisatawan.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com