Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7,47 Juta Wisatawan Berkunjung ke Sumatera Barat hingga September 2023

Kompas.com - 21/11/2023, 21:07 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Sumatera Barat mencatat, sebanyak 7,47 juta wisatawan mengunjungi provinsi tersebut selama Januari hingga September 2023.

Kunjungan didominasi wisatawan Nusantara dengan angka 7,43 juta orang, sementara wisatawan mancanegara hanya 39.170 orang.

"Data kita sementara ini masih menggunakan kunjungan di destinasi berbayar. Jika dihitung pada semua destinasi termasuk yang tidak berbayar, maka jumlah kunjungannya jauh lebih banyak," ujar Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda di Padang, Selasa (21/11/2023), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: 4 Tips ke Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka di Sumatera Barat

Ia menyebutkan, wisatawan Nusantara yang berkunjung kebanyakan berasal dari provinsi tetangga, yakni Provinsi Riau dan Jambi.

Sedangkan wisatawan mancanegara yang datang berasal dari Malaysia (78 persen), Australia (4,2 persen), dan Perancis (0.8 persen).

Untuk pengembangan pariwisata ke depannya, kata Luhur, pihaknya bekerja sama dengan tim dari Universitas Andalas (Unand) untuk meneliti karakteristik wisatawan yang datang ke Sumatera Barat.

"Salah satunya berkaitan dengan daerah asal," ucap dia.

Baca juga: 7 Fakta Lembah Harau Sumatera Barat, Ada Batuan Berusia 40 Juta Tahun 

Adapun, Sumatera Barat menargetkan sebanyak 8,2 juta kunjungan wisatawan selama 2023.

Sejumlah kegiatan di kota dan kabupaten digelar untuk membantu mencapai target tersebut.

Selain itu, pengelola destinasi juga didorong untuk meningkatkan kebersihan dan keamanan di lokasi wisata demi menciptakan kenyamanan bagi pengunjung.

@kompastravel Kalau ke Taman Mini Indonesia Indah, satu hari aja rasanya nggak cukup buat keliling. Kalau aku memilih untuk ke Anjungan Daerah Bali, Taman Budaya Tionghoa Indonesia, Taman Bunga, Menara Pandang, dan Danau Archipelago. Hanya Taman Burung yang perlu bayar tiket masuk, Rp 30.000/ orang. Lainnya tidak dipungut biaya. Rata-rata jam operasional tiap spot di sini pun sampai jam 4 sore. Namun, kalau kamu mau jalan-jalan sore sampai sekitar jam 19.00 masih diperbolehkan ya.. Oiya, untuk masuk TMII nya berbayar Rp 25.000, mulai usia 2 tahun sudah harus membeli tiket ya.. Cerita pengalaman kamu kalau pernah ke TMII dong! #tmii #tmiiindonesia #explorejakarta #wisatajakarta ? Aesthetic - Gaspar
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com