Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara ke Keraton Ratu Boko Yogyakarta, Bisa Naik Trans Jogja

Kompas.com - 22/11/2023, 15:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Keraton Ratu Boko merupakan salah satu wisata sejarah dan budaya yang berada di Sleman, Yogyakarta. Obyek wisata ini, merupakan salah satu tempat melihat panorama matahari terbenam (sunset) terindah di Yogyakarta.

Jika pada umumnya wisatawan menyaksikan sunset dengan panorama pantai, maka di Ratu Boko pengunjung akan disuguhi pemandangan reruntuhan kerajaan masa lampau.

Baca juga:

Salah satu spot ikonik di Keraton Ratu Boko adalah gerbang utama atau gerbang dalam, berada sekitar 15 meter dari gerbang luar. Gerbang utama, terdiri dari lima gapura paduraksa yang bebaris sejajar dengan gerbang luar.

Dari gapura utama ini, wisatawan bisa menyaksikan panorama sunset yang menawan.

Selain bangunan gerbang, Keraton Ratu Boko juga memiliki Alun-alun Ratu Boko yang merupakan tanah lapang dengan rerumputan hijau.

Candi Ratu BokoShutterstock.com Candi Ratu Boko

Pada beberapa titik, wisatawan bisa menjumpai pohon di Alun-alun Ratu Boko sehingga cocok untuk spot foto Instagramable. Adapula gazebo, taman, serta situs berupa reruntuhan di Keraton Ratu Boko.

Jika ingin berkunjung, Keraton Ratu Boko berada di Jalan Raya Piyungan - Prambanan Nomor 2, Gatak, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Jaraknya sekitar 5 km ke arah selatan dari Candi Prambanan, atau 15 menit berkendara.

Berikut cara ke Keraton Ratu Boko menggunakan sejumlah moda transportasi, seperti dikutip dari situs Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko.

Baca juga:

Dari Stasiun Yogyakarta

Ilustrasi Trans Jogja. Trans Jogja jalur 1A melintas di Jalan Malioboro, salah satu transportasi menuju Keraton Ratu Boko. Wikimedia Commons Ilustrasi Trans Jogja. Trans Jogja jalur 1A melintas di Jalan Malioboro, salah satu transportasi menuju Keraton Ratu Boko.

Wisatawan luar kota yang turun di Stasiun Yogyakarta atau Stasiun Tugu, bisa naik TransJogja dari Halte Trans Jogja Mangkubumi 1 yang berada di kawasan Malioboro. Pilih Trans Jogja Jalur 1A dengan rute Bandara Adi Sutjipto-Malioboro via Prambanan. 

Kemudian, wisatawan bisa turun di Halte Trans Jogja Terminal Prambanan, dan melanjutkan perjalanan ke Keraton Ratu Boko menggunakan ojek online atau taksi.

Berikut rute Trans Jogja Jalur 1A, dikutip dari situs Dinas Perhubungan Yogyakarta.

Terminal Prambanan - Kalasan - Bandara Adi Sutjipto - Maguwoharjo - Janti - UIN Sunan Kalijaga - Demangan - Gramedia - Tugu - Stasiun Tugu/Stasiun Yogyakarta - Malioboro - Kantor Pos Besar - Gondomanan - Pasar Sentul - SGM - Gembira Loka - Gedong Kuning - JEC - Blok O - Janti - Maguwoharjo - Bandara Adi Sutjipto - Kalasan - Terminal Prambanan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com