Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Wisata Alam Sleman, Bisa Lihat Gunung Merapi

Kompas.com - 20/11/2023, 23:39 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Sleman merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang menawarkan banyak obyek wisata menarik. Jika berkunjung ke Kota Gudeg, jangan lupa untuk mampir ke sejumlah destinasi wisata di Sleman.

Jika kamu mencari wisata outdoor, ada beragam wisata alam Sleman yang menarik untuk dikunjungi. Kompas.com merangkum wisata alam Sleman sebagai berikut.

Baca juga:

1. Ledok Sambi

Tempat wisata di Yogyakarta - Ledok Sambi.dok. Ledok Sambi Tempat wisata di Yogyakarta - Ledok Sambi.

Ledok Sambi merupakan kawasan wisata yang berada di lembah pinggir sungai yang dikelilingi dengan pepohonan hijau sehingga menawarkan suasana yang asri. Alamatnya berada di Jalan Kaliurang Km 20, Pakem, Kabupaten Sleman.

Ledok Sambi dikelilingi oleh sawah, ladang, pepohonan, dan rumput yang masih hijau. Melansir dari situs Visiting Jogja, wisatawan bisa menikmati panorama puncak Gunung Merapi dari Ledok Sambi.

Aktivitas wisata yang paling digemari oleh pengunjung Ledok Sambi adalah piknik di pinggir sungai sambil bermain air. Pengunjung tidak dipungut tiket masuk alias gratis saat memasuki area wisata Ledok Sambi.

2. Bukit Klangon 

Tempat wisata di Yogyakarta - Bukit Klangon.dok. Facebook Klangon Merapi Tempat wisata di Yogyakarta - Bukit Klangon.

Bukit Klangon merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan panorama Gunung Merapi. Sebab, bukit setinggi 1.200 mdpl ini, hanya berjarak sekitar 4 km dari Gunung Merapi, berdasarkan informasi dari Kompas.com (26/11/2022).

Selain panorama yang indah, Bukit Klangong juga memiliki udara yang sejuk. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di Bukit Klangon, salah satunya adalah berkemah.

Harga tiket masuk Bukit Klangon sangat ramah kantong, yakni Rp 4.000 per orang. Jika ingin camping di Bukit Klangon, alamatnya berada di Dusun Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

3. Lava Tour Merapi

Wisatawan mengendarai mobil jip saat mengikuti wisata lava tour di kaki Gunung Merapi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, beberapa waktu lalu.KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Wisatawan mengendarai mobil jip saat mengikuti wisata lava tour di kaki Gunung Merapi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Lava Tour Merapi tidak boleh dilewatkan saat berwisata ke Yogyakarta. Lava Tour Merapi merupakan wisata berkeliling kawasan lereng Gunung Merapi naik mobil jeep.

Kegiatan wisata ini sangat cocok untuk wisatawan yang menyukai tantangan yang menguji adrenalin. Sebab, selama naik mobil jeep wisatawan akan diajak melalui medan yang ekstrem.

Selain itu, wisatawan akan diajak ke sejumlah tempat wisata untuk mengenang peristiwa erupsi Gunung Merapi pada 2010 lalu. Misalnya, Museum Sisa Hartaku, Bunker Kaliadem, Batu Alien, Petilasan Mbah Marijan, dan Kali Kuning.

Tarif Lava Tour Merapi berbeda-beda bergantung dari paket yang dipilih, namun kisaran tarifnya antara Rp 400.000-an hingga Rp 500.000-an.

4. Tebing Breksi 

Tebing Breksi, Sleman, Yogyakarta DOK. Shutterstock Tebing Breksi, Sleman, Yogyakarta DOK. Shutterstock

Tebing Breksi merupakan obyek wisata berupa perbukitan batuan breksi bercorak unik. Tempat wisata ini merupakan bekas tambang yang berhenti operasi pada 2014 lalu.

Batuan breksi yang ada di kawasan tersebut diketahui sebagai hasil aktivitas vulkanis Gunung Api Purba Nglanggeran. Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang batuan tebing unik.

Lokasinya terletak di Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman. Dari Candi Prambanan, jaraknya sekitar 7 km atau 17 menit berkendara

5. Plunyon Kalikuning

Pesona Jembatan Plunyon Kalikuning di Sleman, Yogyakarta yang menjadi salah satu lokasi syuting film KKN di Desa Penari.INSTAGRAM @raffeniaa Pesona Jembatan Plunyon Kalikuning di Sleman, Yogyakarta yang menjadi salah satu lokasi syuting film KKN di Desa Penari.

Film KKN di Desa Penari sempat viral pada 2022 lalu. Menariknya, salah satu lokasi syuting film bergenre horor tersebut berada di Sleman, yakni wisata Plunyon Kalikuning.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (23/5/2022), wisata Plunyon Kalikuning masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM). Alamatnya berada di Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Daya tarik wisata Plunyon Kalikuning adalah jembatan yang menawarkan pemandangan pemandangan perbukitan. Jika datang saat cuaca cerah, wisatawan bisa melihat pemandangan Gunung Merapi dari jembatan.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com