Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Budaya di Banda Neira Ditetapkan Jadi Kawasan Cagar Budaya

Kompas.com - 23/11/2023, 07:13 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Situs-situs budaya di Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah akan ditetapkan sebagai cagar budaya Kota Lama Neira.

Dikutip dari Antara, situs-situs tersebut antara lain Istana Mini Banda yang merupakan bekas kantor pemerintahan VOC di Banda Neira, Rumah Pengasingan Bung Hatta, Benteng Belgica, Benteng Nassau, dan Rumah Pengasingan dr. Cipto Mangunkusumo.

"Situs cagar budaya di Banda Neira cukup banyak sehingga pemerintah pusat melalui direktorat perlindungan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), menyatakan layak ditetapkan menjadi kawasan dengan nama Kota Neira lama," ujar Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XX, Dody Wiranto di Ambon, Rabu (22/11/2023).

Baca juga: 6 Tips Liburan ke Banda Neira untuk Pemula, Perhatikan Musim

Adapun rencana penetapan kawasan cagar budaya akan dilakukan tahapan pemetaan secara geodentik.

Kawasan Cagar Budaya adalah susunan ruang geografis yang memiliki dua situs cagar budaya atau lebih, letaknya berdekatan, serta memperlihatkan ciri tata ruang yang khas.

Rumah Pengasingan Hatta, misalnya, yang menjadi tempat Mohammad Hatta menjalani hukuman pengasingan sebagai tahanan politik selama 1936-1942, terletak di samping penjara atau lapas Banda Neira, serta tidak jauh dari Benteng Belgica dan Nassau.

Dengan begitu, ketiganya masuk ke dalam satu kawasan cagar budaya.

Baca juga: 7 Fakta Sejarah Banda Neira, Surga di Timur Indonesia 

Saat ini, BPK Wilayah XX telah melakukan pembenahan tahap awal dengan memelihara cagar budaya Istana Mini Banda.

Hal itu dilakukan agar bangunan Istana Mini Banda terawat dan tingkat kerusakannya tidak semakin tinggi sehingga semakin mendatangkan wisatawan.

Jika sesuai jadwal, proses revitalisasi akan rampung pada Desember 2023.

"Prosesnya revitalisasi sesuai jadwal akan rampung di bulan Desember 2023, untuk Istana Mini, bangunan UPTD pendidikan dan rumah Bung Hatta," Ujarnya.

Baca juga: Viral di Twitter, di Mana Letak Banda Neira?

Untuk diketahui, Kompleks Istana Mini terdiri dari beberapa bangunan antara lain Istana Mini yang merupakan rumah dari Gubernur VOC, dermaga tempat bersandar kapal-kapal dari tamu Gubernur VOC, serta kantor Gubernur VOC.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com