Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boarding Gate di Stasiun Solo Balapan Kini Gunakan Teknologi Pindai Wajah

Kompas.com - 25/11/2023, 16:46 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Teknologi pengenal wajah di fasilitas pintu masuk stasiun (face recognition boarding gate) kini juga sudah siterapkan di Stasiun Solo Balapan, Solo, Jawa Tengah.

Pemasangan pintu pengenal wajah itu pertama kali dilakukan di Stasiun Bandung pada September lalu.

Saat ini, teknologi tersebut sudah diterapkan di sejumlah stasiun seperti Yogyakarta, Surabaya Gubeng, Malang, Gambir, Cirebon, Surabaya Pasar Turi, dan Semarang Tawang Bank Jateng.

"Face recognition boarding gate ini bertujuan untuk mempermudah pelanggan KA jarak jauh yang ingin naik kereta api, tanpa perlu repot-repot menunjukkan berbagai dokumen seperti boarding pass fisik, e-boarding pass, ataupun KTP," ujar Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro di Solo, Sabtu (25/11/2023), seperti dikutip dari Antara

Baca juga: Ada Face Recognition di 5 Stasiun Kereta Api, Apa Itu?

Proses registrasi face regocnition dapat dilakukan baik melalui aplikasi Access by KAI maupun secara langsung di stasiun.

Di stasiun, proses registrasi dapat dilakukan pada mesin check-in counter (CIC) atau melalui petugas layanan khusus di stasiun.

Proses registrasi ini tidak dapat diwakili. Penumpang tinggal membawa e-KTP untuk kemudian ditempelkan pada perangkat reader ketika registrasi. 

"Kemudian menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri pada pemindai yang ada di e-KTP reader," tuturnya.

Baca juga: Berlaku di Beberapa Bandara, Autogate dengan Face Recognition Diklaim Banyak Manfaat

Bagi pelanggan yang tidak dapat melakukan proses registrasi karena tidak memiliki e-KTP, seperti pelanggan anak atau e-KTP dalam keadaan rusak dapat melakukan registrasi melalui petugas layanan yang tersedia.

Adapun pendaftara ini hanya perlu dilakukan sekali dan berlaku selama satu tahun.

"Jika sudah melakukan registrasi, pelanggan tidak perlu lagi melakukan cetak boarding pass. Pelanggan dapat langsung menuju ke face recognition boarding gate jika waktu untuk boarding sudah dapat dilakukan," katanya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com