Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Akan Bikin Acara Seperti Squid Game, Minat Jadi Pemain?

Kompas.com - 28/11/2023, 20:08 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Dealls Jobs, menggelar acara Squad Game Indonesia.

Acara permainan yang terinspirasi dari serial Korea Selatan, Squid Game ini akan dilakukan secara offline dengan melibatkan 48 pemain figur publik, 256 pemain umum dari seluruh Indonesia, dan sekitar 2.400 penonton.

"Squad Game Indonesia adalah acara seru-seruan untuk menutup akhir tahun. Ini akan menjadi acara permainan tradisional terbesar di Indonesia sekaligus salah satu event offline terbesar di tahun 2023," ujar Menparekraf Sandiaga Uno saat agenda The Weekly Brief with Sandi Uno (WBSU) di Jakarta, Senin (27/11/2023).

Baca juga: Seongapdo di Korea Selatan, Pulau Squid Game yang Sebenarnya?

Squad Game Indonesia akan berlangsung di GBK Indoor, Senayan, Jakarta Pusat, pada Sabtu (9/11/2023) mendatang.

“Kami ingin mendorong lebih banyak permainan Indonesia, terutama permainan tradisional yang bisa ditampilkan sebagai salah satu sub-sektor ekonomi kreatif," imbuh Sandiaga.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Lebih lanjut, katanya, saat ini permainan (games) dari luar negeri masih mendominasi pasar game di Tanah Air.

Oleh karena itu, acara tersebut diharapkan salah satunya dapat mempercepat penguatan industri games dalam negeri.

Pemain dan hadiah

Menurut Ketua Penyelenggara Squad Game Indonesia, sekaligua CEO & Founder Dealls Andhika Sudarman, inspirasi awal bermula dari kebiasaannya menonton salah satu acara dari Jepang.

“Ketika saya masih kecil, saya sering nonton Benteng Takeshi dan ingin ikut bermain, tapi sayangnya tidak bisa. Sekarang, cukup banyak acara permainan offline, tapi kita hanya bisa menonton idola kita bermain dari jauh. Saya pikir, pasti seru banget jika bisa bermain langsung,” ujar Andhika.

Baca juga: Boneka Squid Game Berasal dari Desa Ini, Benarkah?

Lebih lanjut ia mengatakan, syarat daftar menjadi pemain adalah harus Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 16-40 tahun. Adapun untuk penonton yang ingin menonton langsung di GBK, tidak ada batasan umur.

Usai melakukan pendaftaran, tim panitia akan menyeleksi para calon peserta. Jika terpilih, maka pemain tersebut langsung diberangkatkan.

Ilustrasi hadiah uang $4,56 juta dalam serial drama Squid Game. Netflix Ilustrasi hadiah uang $4,56 juta dalam serial drama Squid Game.

Bagi calon pemain luar Jabodetabek yang terpilih, seluruh biaya akan ditanggung oleh Dealls Jobs, termasuk transportasi, penginapan, dan konsumsi.

“Nanti kita akan melihat 48 aktris dan influencer bermain bersama ratusan masyarakat umum dan ditonton 2.000-an orang lebih,” terang Andhika.

Cara bermain

Adapun untuk jumlah peserta yang daftar dan lomba apa saja yang digelar, Andhika tidak ingin mengungkapkan lebih lanjut, agar tetap menjadi misteri.

“Kami bocorkan dua dulu ya, nanti ada lomba tarik tambang dan gobak sodor,”imbuhnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com