Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Main ke Rumah Hantu Solo, Jangan Pakai Sandal 

Kompas.com - 05/12/2023, 20:53 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Ada wisata uji nyali baru di Kota Solo, yakni rumah hantu Lawang Sukmo dan Zombieverse. Wahana horor ini, menempati bekas Hotel Cakra yang terkenal angker. 

Baca juga:

Madhiro Eiji, Consultant Event Paranormal Phenomenon Indonesia (PPI), sebagai pihak penyelenggara mengungkapkan, Hotel Cakra sudah terbengkalai lebih dari 25 tahun. 

“Kalau dari cerita warga sekitar, Hotel Cakra sudah tutup selama 25 tahun lebih. Nah, mulai saat itu sampai hari ini, Hotel Cakra tidak operasional sama sekali, jadi boleh disebut menjadi sarang makhluk astral,” ujar Eiji yang juga merupakan artis Indigo, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (5/11/2023).

Tak hanya terbengkalai, Hotel Cakra juga menyimpan kisah yang suram. Eiji menuturkan, di belakang hotel tersebut terdapat bunker peninggalan tentara Jepang. 

Konon, bunker tersebut merupakan tempat penyiksaan warga Indonesia pada masa penjajahan Jepang. Setelah kemerdekaan RI, bunker yang menyimpan kisah kelam itu, akhirnya ditimbun dan menjadi bagian dari Hotel Cakra.

Wahana uji nyali Lawang Sukmo, menawarkan sensasi menyeramkan dengan talent-talent yang menjadi hantu-hantu lokal seperti pocong, kuntilanak, tuyul, sundel bolong, kuyang, dan sebagainya. 

Sementara, di wahana Zombieverse, pengunjung akan menjumpai pasukan zombie yang terbagi menjadi tiga zona dengan tantangan masing-masing. 

Wisata uji nyali rumah hantu Solo, Lawang Sukmo dan Zombieverse yang menempati hotel angker di Solo. Dok. Paranormal Phenomenon Indonesia (PPI) Wisata uji nyali rumah hantu Solo, Lawang Sukmo dan Zombieverse yang menempati hotel angker di Solo.

Menempati area bangunan seluas 7.000 meter persegi, rumah hantu Lawang Sukmo diklaim sebagai wahana rumah hantu terbesar di Indonesia. Pengunjung bisa menjumpai hingga 50 ruangan dalam sekali perjalanan ke Lawang Sukmo. 

“Kalau rumah hantu ini, benar-benar kami klaim terbesar, karena dari mulai start sampai akhir itu ada 32 ruangan. Bahkan, ada satu konsep wahana namanya ke Dunia Ghaib atau Dimensi Lain, kalau tidak keluar dari Dimensi Lain itu bisa jadi pengunjung jalan di 40-50 ruangan,” jelas Eiji. 

Baca juga:

Wisata uji nyali ini dibuka Sejak 1 Desember 2023 hingga 29 Januari 2024. Alamatnya berada di eks Hotel Cakra, Jalan Slamet Riyadi Nomor 197, Kelurahan Kemlayan, Kecamatan Serengan, Kota Solo.

Jam buka Lawang Sukmo dan Zombieverse yakni mulai pukul 13.00 WIB-22.00 WIB pada weekday. Sedangkan pada weekend, wahana ini buka dari pukul 11.00 WIB- 23.00 WIB. 

Harga tiket rumah hantu Lawang Sukmo dibanderol Rp 40.000 per orang. Sedangkan, Zombieverse dibanderol harga Rp 55.000 per orang. 

“Ada pula tiket terusan Lawang Sukmo dan Zombieverse, yakni Rp 80.000 untuk dua wahana uji nyali,” kata Eiji. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com