Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berdiri di Perahu untuk Selfie, Turis di Venesia Jatuh ke Kanal

Kompas.com - 10/12/2023, 18:09 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber CNN,Guardian

KOMPAS.com - Perahu yang ditumpangi sejumlah turis asal China di Venesia, Italia terbalik, akibat mereka berdiri untuk berswafoto alias mengambil foto selfie

Menurut kepolisian setempat, semua turis selamat dan tidak ada yang terluka, tidak ada pula kerusakan pada perahu kecuali kursinya yang terlempar ke kanal.

Baca juga: Venesia Mulai Terapkan Biaya Turis Rp 85.000 April 2024

Kendati demikian, setidaknya ada seorang turis di antaranya yang kehilangan ponsel karena terjatuh saat perahu mencoba bermanuver di bawah jembatan.

Dilansir dari CNN, pengemudi perahu sebetulnya telah menginstruksikan para turis untuk tidak bergerak atau berdiri untuk berswafoto selama manuver. Namun, karena kendala bahasa, para turis tidak mematuhinya. 

Adapun asosiasi pendayung setempat pada 2020 telah mengurangi jumlah penumpang perahu dari semula enam orang untuk tur klasik menjadi lima orang saja, dengan berat maksimal 230 kilogram.

Sementara untuk perahu yang menyusuri Grand Canal dikurangi dari semula 14 orang menjadi 13 orang, sepetti dikutip dari Guardian

"Memang benar, dibandingkan dengan 10 atau 15 tahun yang lalu, berat badan turis sedikit lebih berat," kata presiden asosiasi pendayung, Andrea Balbi kepada Guardian

Baca juga: Turis Rusak Patung Neptunus di Florence Italia karena Mau Berfoto

Saat ini, tercatat ada sekitar 430 pendayung perahu berlisensi di Venesia yang bekerja secara bergiliran untik melayani para turis.

Biasanya, pekerjaan ini diwariskan dari ayah ke anak laki-lakinya, sehingga hampir seluruh pendayung adalah laki-laki. Hanya ada satu pendayung perempuan yang berlisensi. 

Namun, maraknya para turis yang berperilaku buruk menjadi perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Di antaranya terdapat beberapa kejadian penting, termasuk turis yang didenda karena berenang dan turis lainnya yang terjun ke kanal setelah melompat dari gedung berlantai tiga. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com