Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dianggap Berisik oleh Turis, Lonceng Jam Bersejarah di Italia Dimatikan

Kompas.com - 06/08/2023, 06:09 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Lonceng di menara jam bersejarah di Kota Pienza, Italia, dimatikan pada waktu tertentu karena dianggap mengganggu oleh wisatawan yang tengah menginap di kota tersebut.

Lonceng ini berbunyi setiap 30 menit sekali, namun usai adanya keluhan dari wisatawan maka lonceng tersebut dimatikan dari pukul 22.00 sampai 07.00 waktu setempat. 

Baca juga:

Adapun wisatawan tersebut menginap di B&B (bed and breakfast) saat musim panas. Agar tidak kegerahan, mereka biasanya membuka jendela saat malam hari. Bunyi lonceng itulah yang dinilai membuat mereka sulit tidur.

"Kami menerima keluhan dari beberapa pemilik B&B. Sebagian besar dari properti yang dekat dengan piazza utama dan sangat dekat dengan menara lonceng," ujar Wali Kota Pienza, Manolo Garosi, dikutip dari The Telegraph, Sabtu (5/8/2023).

Baca juga: Sejumlah Pantai di Italia Batasi Jumlah Turis demi Menjaga Lingkungan

Ilustrasi Pienza di Italia.Dok. Unsplash/Tomas Hirsch Ilustrasi Pienza di Italia.

Kendati demikian, penduduk setempat tidak menyetujui keputusan tersebut. Menurut mereka, keheningan pada malam hari akibat tidak adanya bunyi lonceng malah membuat mereka sulit tidur.

"Kami lahir di sini, kami biasa mendengarnya (bunyi lonceng) pada tengah malam. Dalam kesunyian, bunyi tersebut menandakan adanya kehidupan," ujar salah seorang penduduk, dilansir dari RAI dan CNN.

Dilindungi oleh UNESCO, Pienza terkenal akan bangunan-bangunan kuno dan panorama lanskap wilayah Tuscany dari ketinggian. Lokasi menara jam kuno itu ada di alun-alun kota.

Baca juga:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com