Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Kopi Jadi Event Unggulan untuk Promosikan Manggarai Timur

Kompas.com - 12/12/2023, 21:03 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival Kopi menjadi salah satu agenda unggulan yang terus didorong oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sebab, Bupati Manggarai Timur Agas Andreas mengatakan, komoditas kopi menjadi salah satu produk yang utama di daerah tersebut.

Baca juga: Tur di Kebun Kopi Colol NTT, Wisata Sambil Tanam Anakan Kopi Juria

"Kopi robusta dan kopi julia dari Manggarai Timur tagline-nya disebut sebagai surganya kopi dunia," kata Agas saat ditemui di Jakarta, Selasa (12/1/2023).

Ia menjelaskan, event (acara) yang tengah diupayakan untuk terus diadakan secara rutin atau menjadi agenda tahunan adalah Festival Kopi Lembah Colol.

Tarian Kolosal Tumbuk Kopi dalam Festival Colol, Desa Colol, Kecamatan Lamba Leda Timur, Kabupaten Manggarai Timur, NTT, pada Rabu (14/6/2023)Dokumen BPOLBF Tarian Kolosal Tumbuk Kopi dalam Festival Colol, Desa Colol, Kecamatan Lamba Leda Timur, Kabupaten Manggarai Timur, NTT, pada Rabu (14/6/2023)

Event ini menjadi ajang mempromosikan potensi perkebunan kopi yang telah mendunia dengan berbagai potensi alam dan budaya yang ada.

"Untuk mengangkat dan mempromosikan berbagai potensi agar lebih dikenal luas oleh masyarakat domestik maupun internasional, kami adakan festival kopi selama dua hari di Lembah Colol," jelasnya.

Festival kopi tersebut merupakan yang pertama kalinya digelar di Manggarai Timur.

Ke depannya, ucap dia, pihaknya dan dinas pariwisata setempat akan berupaya mengadakan event tersebut secara rutin hingga setidaknya tiga tahun berturut-turut, untuk masuk menjadi agenda event nasional yang disyaratkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca juga:

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com