Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Wisata Cirebon yang Hits buat Liburan Tahun Baru 2024 

Kompas.com - 13/12/2023, 17:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Apakah kamu berencana mengisi liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 di Cirebon? Ada sejumlah tempat wisata Cirebon yang hits sebagai alternatif destinasi wisata. 

Berkunjung ke Cirebon, tidak lengkap tanpa berwisata ke salah satu destinasi tersebut. Wisata Cirebon yang hits beragam, dari pantai, waterpark, keraton, dan sebagainya. 

Baca juga:

Wisata Cirebon yang hits

Berikut rekomendasi sejumlah tempat wisata Cirebon yang hits sebagai alternatif liburan tahun baru 2024, bersama keluarga maupun teman. 

1. Goa Sunyaragi 

Goa Arga Jumut di Taman Wisata Goa Sunyaragi di Kota Cirebon, Jawa Barat.Dok. Wikimedia Commons/Sharfina Annisa Goa Arga Jumut di Taman Wisata Goa Sunyaragi di Kota Cirebon, Jawa Barat.

Goa Sunyaragi atau Taman Sari Sunyaragi menawarkan pemandangan eksotis, yakni perpaduan dinding batu dengan alam pepohonan di sekitarnya yang berwarna hijau. 

Gua Sunyaragi merupakan sebuah situs bersejarah di Kota Cirebon. Nama Sunyaragi berasal dari kata sunya yang berarti sepi dan ragi artinya raga. 

Sebab, goa ini dulunya digunakan oleh para Sulta Cirebon untuk meditasi mengatur strategi perlawanan terhadap Belanda, berdasarkan informasi dari situs Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.

Jika ingin berkunjung, lokasi Goa Sunyaragi berada di Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat. Jaraknya dari pusat Kota Cirebon sekitar 2,4 kilometer (km) atau 8 menit berkendara. 

2. Kampung Sabin 

Kampung Sabin di Cirebon, obyek wisata yang menawarkan suasana Ubud, BaliTribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi Kampung Sabin di Cirebon, obyek wisata yang menawarkan suasana Ubud, Bali

Kampung Sabin merupakan kawasan wisata kuliner dan alam yang menawarkan suasana Ubud, Bali. Berdasarkan informasi dari Tribun Cirebon, gapura khas Bali akan menyambut pengunjung Kampung Sabin yang berada di area persawahan tersebut. 

Selain itu, ada hiasan umbul-umbul putih dan payung kuning sehingga menambah kental suasana ala Ubud. Pengunjung bisa menikmati panorama sembari mencicipi aneka hidangan di Kampung Sabin. 

Jika ingin berkunjung, lokasi Kampung Sabin berada di Kawasan Kota Baru Keandra, Jalan Nyi Ageng Serang, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon. 

3. Bukit Cinta Antigalau

Ilustrasi salah satu wisatawan di Bukit Cinta Anti Galau, salah satu tempat wisata Instagramable di Cirebon.Dok. Instagram.com/bukitcinta_antigalau Ilustrasi salah satu wisatawan di Bukit Cinta Anti Galau, salah satu tempat wisata Instagramable di Cirebon.

Daya tarik Bukit Cinta Antigalau adalah menyajikan indahnya hamparan perbukitan, dikutip dari Tribun Cirebon. Pengunjung bisa menyaksikan Situ Patok dan Gunung Ciremai dari obyek wisata seluas satu hektare ini. 

Saat malam hari, wisatawan bisa menyaksikan kerlap kerlip lampu Kota Cirebon dari ketinggian. Obyek wisata baru ini, juga menawarkan banyak spot foto Instagramable. 

Bukit Cinta Antigalau dilengkapi dengan kafe yang cocok buat nongkrong bersama teman atau keluarga. Jika ingin berkunjung saat libur tahun baru, lokasinya berada di Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. 

4. Batu Lawang

Batu Lawang Cirebon, salah satu obyek wisata di Cirebon, Jawa BaratShutterstock/Joe Mada Ranseda Permana Batu Lawang Cirebon, salah satu obyek wisata di Cirebon, Jawa Barat

Batu Lawang merupakan lahan bekas tambang semen yang disulap menjadi obyek wisata menarik. Lokasinya di Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon.

Obyek wisata yang dibuka pada 2016 ini, berupa tebing bebatuan alam yang berjajar dengan beragam bentuk, serta dikelilingi pepohonan rindang. Nama lawang, berarti pintu dalam Bahasa Sunda, seperti dikutip dari Antara. 

Diberikan nama Batu Lawang lantaran ada sebuah batu besar nan menjulang tinggi dengan bentuk menyerupai pintu masuk. Adapula bebatuan yang berbentuk melingkar seperti sarang burung, menumpuk, dan sebagainya. 

Baca juga:

5. Pantai Kejawanan 

Tidak banyak yang tahu, bahwa Kota Cirebon memiliki wisata pantai yang indah, yakni Pantai Kejawanan. Lokasinya berada di Jalan Pelabuhan Perikanan, Pegambiran, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon. 

Pengunjung bisa menyaksikan siluet kapal pada saat matahari terbenam (sunset) di Pantai Kejawanan. Selain itu, wisatawan bisa menyaksikan aktivitas nelayan di Pantai Kejawanan. 

Obyek wisata ini juga menyediakan fasilitas bagi pengunjung. Selain panorama lautan lepas, wisatawan bisa berfoto di batu karang yang menyajikan panorama Instagramable

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com