Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Wisata Puncak Bogor yang Terkenal buat Liburan Tahun Baru 2024 

Kompas.com - 14/12/2023, 14:41 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kawasan Puncak masih menjadi primadona destinasi wisata bagi warga Jakarta dan Jawa Barat. Selain udara segara, kawasan Puncak menyajikan panorama indah serta beragam obyek wisata. 

Untuk diketahui, Puncak merupakan kawasan pegunungan yang membentang di dua kabupaten, yakni Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur. Bagi wisatawan dari Jakarta maupun Bogor, dapat berkunjung ke obyek wisata Puncak Bogor

Baca juga:

Ada beragam wisata Puncak Bogor yang bisa menjadi alternatif destinasi wisata saat liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Mulai dari kebun binatang, kebun teh, agrowisata, glamping, camping, air terjun, dan sebagainya. 

Wisata Puncak Bogor

1. Taman Safari 

Jerapah di Taman Safari Bogor, Jawa Barat. Shutterstock/Krzyztof Kowalski Jerapah di Taman Safari Bogor, Jawa Barat.

Taman Safari merupakan obyek wisata keluarga yang sudah terkenal di kalangan wisatawan. Destinasi wisata ini, merupakan tempat konservasi satwa sekaligus wahana edukasi untuk mengenal beragam fauna secara dekat. 

Melansir dari laman resminya, ada beragam aktivitas edukasi di Taman Safari. Mulai dari Safari Tour, mengunjungi Istana Panda, Safari Trek dan Outbond, Safari Malam, dan sebagainya. 

Sembari berwisata, pengunjung bisa mengenal lebih dekat aneka flora dan fauna. Taman Safari berlokasi di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. 

2. The Highland Park Resort

The Highland Park Resort, Bogor.Dok. https://thehighlandparkresortbogor.com/ The Highland Park Resort, Bogor.

Jika ingin menyambut tahun baru dengan kegiatan glamour camping alias glamping, maka The Highland Park Resort bisa menjadi alternatif. 

Tempat glamping yang satu ini, menawarkan panorama Gunung Salak. Lokasinya berada di Jalan Curug Nangka Sinarwangi, Sukajadi, Bogor.

Berdasarkan informasi dari situs resmi The Highland Park Resort, ada beragam tipe glamping yang unik, karena bentuknya menyerupai tenda bangsa Mongolia dan Indian.

Pengunjung juga bisa menikmati berbagai fasilitas lain, seperti kolam renang, waterboom, outbond, berkuda, lapangan golf, mini zoo, dan sebagainya. Bagi warga yang memiliki KTP Jabodetabek, tarif glamping di The Highland Park Resort mulai dari Rp 1,4 juta per malam.

3. The Ranch

Seorang wisatawan sedang menaiki kuda di lokasi wisata The Ranch Cisarua, Puncak, Bogor, Jawa Barat. KOMPAS.com / Ramdhan Triyadi Bempah Seorang wisatawan sedang menaiki kuda di lokasi wisata The Ranch Cisarua, Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Tempat wisata di Puncak Bogor yang terkenal selanjutnya adalah The Ranch. Obyek wisata ini, sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, khususnya anak-anak. 

Ada beragam aktivitas seru di The Ranch, seperti memberikan makan hewan, memanah, mengunjungi peternakan, naik sepeda, bermain trampolin, naik delman, balon air, naik ATV, serta berfoto.  

The Ranch Puncak juga memiliki aneka spot foto Instagramable bertema koboi. Pengunjung bisa naik kuda menggunakan kostum abad pertengahan Eropa ala Robin Hood, seperti dikutip dari Kompas.com (12/4/2018). 

Lokasinya berada di Jalan Raya Puncak Gadog, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. 

4. Kuntum Farmfield 

Kuntum Farmfield, Bogor.Dok. Kuntum Farmfield, Bogor Kuntum Farmfield, Bogor.

Tempat wisata Puncak Bogor yang satu ini juga menawarkan beragam aktivitas edukasi untuk anak-anak. Kuntum Farmfield merupakan agrowisata yang memiliki area peternakan, pertanian, dan perkebunan mandiri.

Berdasarkan informasi dari situs Kuntum Farmfield, pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan, mulai dari memberi makan ternak, bercocok tanam, naik kuda, dan lainnya.

Lokasinya berada di Jalan Raya Tajur Nomor 291 Sindangrasa, Bogor. Harga tiket masuk Kuntum Farmfield mulai dari Rp 60.000 pada weekday dan Rp 70.000 pada weekend

5. The Forest Cisarua 

The Forest Cisarua merupakan tempat camping dan glamping di Puncak Bogor. Destinasi ini menawarkan beragam tipe penginapan dengan konsep back to nature, alias kembali ke alam

Ada tipe glamping, vila, cottage, kabin, dan kamar yang bernuansa alam, berdasarkan informasi dari situs resminya. Lokasi The Forest Cisarua berada di Desa Cikodom, Lembah Nyiur, Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor.

The Forest Cisarua juga dilengkapi dengan fasilitas seperti kolam renang, barbekyu, outbond, taman, dan sebagainya. 

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com