Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Kota Destinasi Wisata Terbaik di Dunia 2023

Kompas.com - 16/12/2023, 15:23 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Paris dinobatkan sebagai kota destinasi wisata terbaik di dunia 2023 dalam riset Top 100 City Destinations Index 2023. Riset tersebut digelar oleh Euromonitor International yang merupakan perusahaan riset internasional yang berbasis di London, Inggris.

Baca juga:

Mengutip dari situs resmi Euromonitor International, riset Top 100 City Destinations Index 2023 membandingkan 100 kota destinasi wisata dari seluruh dunia.

Ada 55 indikator yang diukur oleh Euromonitor International guna menentukan peringkat dalam Top 100 City Destinations Index 2023. 

Misalnya infrastruktur pariwisata, kinerja pariwisata, kebijakan pariwisata, daya tarik pariwisata, ekonomi dan bisnis, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan, dan sebagainya.

Paris, kota wisata terbaik di dunia 2023

Ilustrasi Louvre di Paris, Perancis.Dok. Unsplash/Mika Baumeister Ilustrasi Louvre di Paris, Perancis.

Hasil riset tersebut, Kota Paris di Perancis dinobatkan sebagai kota destinasi wisata terbaik di dunia 2023 dalam Top 100 City Destinations Index 2023

Travel City Index 2023 dari Euromonitor International mengungkapkan bahwa Paris berada di peringkat pertama kota destinasi wisata terbaik di dunia, dan masih memegang posisi ini, tidak hanya di Eropa tetapi juga secara global,” tulis laporan Top 100 City Destinations Index 2023 dalam situs resmi Euromonitor International dikutip Sabtu (16/12/2023). 

Kota yang dijuluki City of Love ini, unggul dari berbagai aspek, seperti kebijakan, daya tarik, dan kinerja sektor pariwisata. Kota ini diproyeksi akan menerima lebih dari 15 juta wisatawan mancanegara sepanjang 2023. 

Pada 2024 mendatang, Olimpiade Musim Panas yang digelar di Paris akan mendorong peningkatan kedatangan wisatawan mancanegara ke ibu kota Perancis tersebut. Paris dinilai mampu memberikan kinerja sektor pariwisata yang baik, tidak hanya bagi wisatawan domestik tetapi juga mancanegara. 

Baca juga:

Euromonitor International mencatat, kota-kota di Eropa memimpin dalam peringkat 20 besar Top 100 City Destinations Index 2023. 

Eropa memimpin kawasan lain, dengan 12 kota masuk dalam 20 peringkat teratas dalam Travel City Index 2023. Diikuti oleh Asia Pasifik dengan lima kota, Amerika Utara dengan dua kota, serta Timur Tengah dan Afrika dengan satu kota,” bunyi laporan tersebut. 

Sementara, Dubai berhasil menduduki peringkat kedua Top 100 City Destinations Index 2023. Kota di Uni Emirat Arab tersebut, menjadi satu-satunya kota di Timur Tengah yang masuk dalam peringkat 20 besar. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com