Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Revitalisasi, Wisata Umbul Cokro di Klaten Buka Lagi 24 Desember

Kompas.com - 18/12/2023, 11:16 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wisata Objek Mata Air Cokro (OMAC) di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, akan dibuka kembali bagi para wisatawan mulai akhir Desember 2023. 

Pembukaan ini dilakukan setelah sebelumnya Obyek Mata Air Cokro atau lebih dikenal dengan Umbul Cokro ditutup per Juni 2023 untuk revitalisasi. 

Baca juga: 10 Tempat Wisata Air di Klaten, Kota 1001 Umbul 

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disparbudpora) Kabupaten Klaten, Sri Nugroho, membenarkan hal tersebut. 

"Opening (Umbul Cokro) hari Minggu, 24 Desember 2023 pukul 08.00 WIB," ujar Sri Nugroho saat dihubungi Kompas.com Senin (18/12/2023). 

Tempat wisata Umbul Cokro berlokasi di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Usai revitalisasi, harga tiket masuknya tetap Rp 15.000 per orang.

"Masih tetap Rp 15.000 (per orang)," imbuh Sri Nugroho.

Untuk menuju ke sana, wisatawan bisa memulai perjalanan dari Alun-alun Klaten. Jarak tempuhnya adalah sekitar 14,3 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit menggunakan mobil.

Baca juga: 40 Tempat Wisata Klaten Lengkap, Ada Candi dan Umbul

Revitalisasi Umbul Cokro

Sri Nugroho menjelaskan ada beberapa perubahan Obyek Mata Air Cokro seusai revitalisasi selama kurang lebih tujuh bulan. 

Di antaranya adalah pembangunan Tourist Information Center seluas 150 meter persegi, lalu fasilitas penunjang rekreasi seperti plaza pengunjung, plaza kuliner, warung kuliner 20 kios, dan kios cinderamata 10. 

"Ada fasilitas umum seperti tempat parkir 2000 meter persegi dan toilet," tuturnya. 

Baca juga: 5 Wisata Air Klaten yang Instagramable, Ada Candramaya Pool & Resort

Lalu, ada juga fasilitas aksesibilitas berupa jalur pejalanan kaki (pedestrian) dan jalan di kawasan. 

Dilansir dari Kompas.com (8/8/2020), OMAC memiliki beragam jenis kegiatan wisata menarik yang bisa dilakukan wisatawan.

Sama seperti wisata air lainnya di Kabupaten Klaten, Umbul Cokro memiliki air yang jernih, sehingga wisatawan bisa berfoto di dalam air. 

Jernihnya air menjadi pemandangan tersendiri yang akan membuat pengalaman berenang di sana semakin unik dan menyenangkan.

Letak Umbul Cokro yang dikelilingi pepohonan juga membuat wisatawan merasa seperti sedang berenang di sungai sebuah hutan. 

Selain mengapung atau berenang santai di aliran air yang jernih, wisatawan juga bisa berenang di waterboom Cokro Tulung, river tubing, rafting, melakukan outbound, hingga berswafoto. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com