Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikunjungi Cristiano Ronaldo, Ketahui 6 Fakta Al Ula di Arab Saudi 

Kompas.com - 19/12/2023, 15:52 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Pesepakbola dunia, Cristiano Ronaldo mengunjungi kawasan wisata Al Ula di Arab Saudi, dilansir dari Saudi Gazette. Hal tersebut juga diketahui dari unggahan pemain sepak bola asal Portugal tersebut, lewat akun Instagram resminya, @cristiano. 

Cristiano Ronaldo tampak berfoto bersama pasangannya Georgina Rodriguez. Pesepakbola tersohor tersebut, mengaku kagum dengan keindahan Al Ula. 

“Terpesona dengan warisan manusia dan alam yang luar biasa dari Al Ula di Arab Saudi," tulis Ronaldo dalam unggahan Instagram-nya, dikutip Selasa (19/12/2023). 

Unggahan Ronaldo tersebut, membuat publik penasaran dengan Al Ula. Kawasan ini berada di Arab Saudi, sekitar 300 kilometer (km) sebelah utara Madinah.

Baca juga:

Fakta Al Ula Arab Saudi

Namun ternyata, di balik keindahannya, ada sejumlah fakta mengenai Al Ula yang menarik untuk diketahui, sebagai berikut. 

1. Rumah bagi situs bersejarah 

Ilustrasi Al Ula di Arab Saudi.Dok. Unsplash/ M K Ilustrasi Al Ula di Arab Saudi.

Al Ula merupakan rumah bagi berbagai situs bersejarah. Melansir dari situs Discover Al Ula, kawasan ini memiliki makam-makam yang diawetkan, batu raksasa, bangunan dan monumen bersejarah (baik alami maupun buatan manusia). 

Kawasan Al Ula dipercaya menyimpan bukti sejarah peradaban manusia, bahkan sejak zaman paleolitikum (zaman batu tua). Dulunya Al Ula juga diyakini sebagai rute perdagangan kuno yang membentang dari Arab ke Mesir. 

Situs ini diperkirakan berumur 2.000 tahun, dikutip dari Kompas.com (17/7/2022). Arsitekturnya sangat menakjubkan karena terdiri dari bangunan dan monumen bebatuan yang diukir, serta hamparan pasir. 

2. Kota terkutuk

Situs arkeologi Madain Saleh di Arab Saudi. Shutterstock Situs arkeologi Madain Saleh di Arab Saudi.

Namun demikian, Al Ula dikenal sebagai tempat terkutuk, dilansir dari The Arab Weekly. Salah satu lokasi di Al Ula, yakni Madain Saleh merupakan lokasi 131 makam orang-orang Nabatean yang diukir menjadi batu besar, luasnya mencapai 21 kilometer persegi.  

The Arab Weekly juga menginformasikan bahwa Al Ula diyakini sebagai tempat terkutuk lantaran dulunya adalah tempat tinggal Kaum Tsamud, pada masa Nabi Shaleh. 

Allah SWT mengutuk daerah tersebut untuk menghancurkan kaum Tsamud karena kejam dan menyembah berhala,” tulis The Arab Weekly.

Selain itu, Al Ula kerap disebut sebagai markas jin dan kawasan, dikutip dari Kompas.com (26/1/2022). Berdasarkan informasi dari The Arab Weekly, masyarakat Arab Saudi meyakini kerap terdengar suara menyerupai unta. Hal ini dikaitkan dengan kisah Kaum Tsamud, yang menyembelih unta betina. 

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com