Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuala Lumpur-Singapura Jadi Rute Penerbangan Tersibuk di Dunia 2023

Kompas.com - 28/12/2023, 06:06 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber OAG

KOMPAS.com - Kuala Lumpur-Singapura dinobatkan sebagai rute penerbangan internasional paling sibuk di dunia tahun 2023, menurut laporan dari penyedia data perjalanan global yang berbasis di Inggris, OAG.

"Rute penerbangan internasional paling sibuk 2023 adalah Kuala Lumpur (KUL) ke Changi Singapura (SIN) dengan 4,9 juta kursi," bunyi keterangan dari laman resmi OAG, dikutip Rabu (27/12/2023).

Baca juga: 3 Destinasi Wajib di Singapura Ini Makin Mudah Dijelajahi Pakai Aplikasi BRImo

Apabila dilihat dari segi wilayah, Kuala Lumpur-Singapura tetap menjadi rute penerbangan internasional tersibuk se-Asia Pasifik tahun 2023.

Adanya rute Kuala Lumpur-Singapura di peringkat pertama menunjukkan peningkatan. Sebab, pada tahun 2022, rute ini hanya berada di posisi ketiga. 

Baca juga:

Ilustrasi Kuala Lumpur, Malaysia. Malaysia unggul dalam bidang wisata medis.UNSPLASH/ESMONDE YONG Ilustrasi Kuala Lumpur, Malaysia. Malaysia unggul dalam bidang wisata medis.

Sementara itu, di peringkat kedua ada rute Kairo-Jeddah dengan 4,8 juta kursi, alias hanya perbedaan kapasitas dua persen dengan rute Kuala Lumpur-Singapura.

Kemudian di peringkat ketiga ada Hong Kong-Taipei dengan 4,6 juta kursi. Rute ini sebelumnya menjadi yang tersibuk tahun 2019, namun telah mengalami penurunan sebesar 43 persen.

Baca juga: Kalahkan Singapura dan Jepang, Bandara Soekarno-Hatta Masuk 10 Besar Bandara Paling Ramah Keluarga 2023

Sebagai informasi, rute penerbangan tersibuk merupakan rute dengan volume kursi penerbangan terjadwal paling banyak pada tahun 2023. Data yang ditampilkan adalah untuk penerbangan dua arah (pergi-pulang) di setiap rute.

Laporan Rute Tersibuk ini bersumber dari OAG Schedules Analyser pada minggu pertama setiap bulannya.

Baca juga:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com