Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Meneropong Keindahan Kotabaru dari Bukit Mamake dan Bapake

Kompas.com - 28/12/2023, 15:00 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabupaten Kotabaru di Kalimantan Selatan (Kalsel) tidak hanya menampilkan keindahan laut, tetapi juga menawarkan pesona alam perbukitan yang terdapat di Bukit Mamake dan Bapake.

Kedua bukit tersebut merupakan bagian dari Kawasan Hutan Lindung dan dikelola oleh Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Jasling Mutiara Sarang Tiung. Lokasinya terletak sekitar 15 kilometer (km) dari pusat kota Kotabaru dan dapat dicapai dalam waktu kurang lebih 30 menit.                                                                                       

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Kotabaru Risa Ahyani menjelaskan bahwa Bukit Mamake dan Bapake terletak di dekat Gunung Sebatung, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru. 

"Dari puncak bukit, para wisatawan dapat menikmati keindahan hamparan laut yang luas, deretan pegunungan yang menjulang tinggi, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya," ucap Risa melalui keterangan persnya pada Rabu (27/12/2023).

Baca juga: 7 Tempat Wisata Baru di Bogor buat Libur Tahun Baru 2024

Bukit Mamake dan Bapake terkenal sebagai destinasi wisata untuk olahraga paralayang dan gantole. Bagi para wisatawan yang tertarik untuk mencoba olahraga udara ini akan dipandu oleh pilot profesional dan bersertifikasi.

Risa mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru telah mengambil langkah-langkah untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para wisatawan. 

Salah satunya, bekerja sama dengan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) untuk melaksanakan pelatihan dan sertifikasi bagi pilot paralayang dan gantole. 

“Pemkab Kotabaru juga telah memasang rambu-rambu dan papan peringatan di lokasi wisata, dengan tujuan memberikan informasi kepada wisatawan mengenai keamanan dan keselamatan dalam aktivitas paralayang dan gantole,” imbuhnya. 

Baca juga: Parasut Tak Mengembang, Atlet Paralayang Sulteng Terjun Bebas dari Ketinggian 40 Meter

Selain itu, Risa menyampaikan bahwa Pemkab Kotabaru terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan wisatawan mengenai pentingnya keamanan dan keselamatan dalam aktivitas paralayang dan gantole.

Sosialisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan wisatawan tentang pentingnya mematuhi aturan dan prosedur keamanan dalam aktivitas tersebut.

Lebih rinci, Risa mengungkapkan bahwa Bukit Mamake dan Bapake telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, mulai dari jalan akses beraspal yang dapat dilalui oleh kendaraan bermotor, area parkir yang luas, area camping, area take-off untuk gantole dan paralayang, toilet, mushola, dan gazebo.

“Selain itu, Bukit Mamake memiliki ikon berupa jembatan kaca yang menambah daya tarik. Jembatan ini tidak hanya memberikan pengalaman yang indah tetapi juga menantang bagi para pengunjung,” ucapnya.

Baca juga: Pantai Jadi Tempat Favorit Pengunjung Taman Impian Jaya Ancol Selama Libur Natal 2023

Risa menjelaskan bahwa pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pengunjung dengan menambahkan fasilitas-fasilitas baru di Bukit Mamake dan Bapake, seperti area kuliner, gazebo, taman bunga, dan pembangunan infrastruktur lainnya.

Infrastruktur tambahan yang sedang dikembangkan mencakup panggung acara untuk menyelenggarakan event besar, pembangunan jaringan internet nirkabel (Wi-Fi) di seluruh kawasan wisata, dan peningkatan penerangan jalan guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan wisatawan pada malam hari.

Untuk dapat menikmati fasilitas tersebut, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk dengan harga yang sangat terjangkau, yakni Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com