Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Tahun Baruan di Sudirman-Thamrin, Naik Kendaraan Umum

Kompas.com - 31/12/2023, 18:34 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jelang perayaan malam Tahun Baru 2024, kawasan Minumen Nasional (Monas), sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, dan kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) tampak mulai ramai, berdasarkan pantauan Kompas.com pantau sekitar pukul 16.00 WIB.

Arus lalu lintas di dekat patung kuda, khususnya jalanan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan pun terpantau macet.

Sementara jalanan sepanjang Jalan Sudirman-Thamin mulai sepi lantaran pengalihan lalu lintas.

"Penutupan jalan (lalu lintas kendaraan) mulai pukul 18.00 WIB sampai pukul 01.00 WIB. Titiknya dari Harmoni sampai FX Sudirman, Bundaran Senayan," kata petugas Dinas Perhubungan, Gilang, saat ditemui Kompas.com di dekat Patung Kuda, Jakarta Pusat, Minggu (31/12/2023).

Baca juga: 6 Serba-serbi Perayaan Malam Tahun Baru 2024 di Jakarta

Bagi masyarakat yang hendak merayakan malam Tahun Baru 2024 di Monas, Jalan Sudirman-Thamrin, hingga kawasan Bundaran HI, simak beberapa tips berikut sebelum datang.

Tips ikut malam Tahun Baru 2024

1. Bawa Payung

Berdasarkan pantauan Kompas.com di dekat Patung Kuda, hujan mulai turun sekitar pukul 16.45 kawasan Monas, Jalan Sudirman-Thamrin, hingga Bundaran HI.

Sekitar pukul 17.40 WIB hujan di area Monas mulai reda, tetapi langit masih mendung dan berpotensi akan turun hujan kembali, selain juga waktu malam sudah hampir tiba.

Baca juga: 20 Event Besar Pariwisata di Jakarta pada 2023, Banyak Travel Fair

Maka dari itu, untuk berjaga-jaga bawalah payung atau jas hujan, antisipasi jika hujan turun dan kamu jauh dari tempat berteduh.

2. Naik transportasi umum MRT

Mengingat arus lalu lintas dari arah Harmoni hingga mal Xf Sudirman ditutup mulai pukul 18.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB, sebaiknya masyarakat datang naik transportasi umum Moda Raya Terpadu (MRT).

Seperti diberitakan Kompas.com (29/12/2023), jam operasional MRT diperpanjang pada malam Tahun Baru 2024, yakni hingga pukul 02.00 WIB.

Masyarakat bisa naik MRT dan turun di stasiun terdekat dari spot perayaan malam Tahun Baru 2024, seperti Stasiun MRT Bundaran HI.

Naik transportasi pribadi bisa juga jadi pilihan, tetapi kamu perlu mencari kantong parkir yang masih tersedia.

Adapun titik kantong parkir bisa ditemui di IRTI, Perpustakaan Nasional, Radio Republi Indonesia (RRI), gedung Jaya, dan bagian belakang gedung Indosat.

3. Isi perut sebelum berangkat

Berdasarkan pantauan Kompas.com, spot jajan bisa ditemui di dekat gedung UOB, dekat Grand Indonesia, dan di dekat patung kuda (depan gedung Indosat).

Baca juga: 5 Gereja untuk Natalan di Jakarta, Ada yang Pakai Gamelan

Akan tetapi, sebaiknya isilah perut terlebih dahulu sebelum datang, mengingat semakin malam gerai-gerai kuliner juga akan ramai oleh pengunjung.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com