Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lion Air Buka Rute Baru Ternate-Surabaya Mulai 18 Januari 2024

Kompas.com - 08/01/2024, 16:31 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Lion Air membuka rute penerbangan langsung pergi pulang (pp) dari Bandara Sultan Babullah, Ternate, Maluku Utara menuju Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur mulai 18 Januari 2024.

"Penerbangan rute ini akan dilayani setiap hari dengan frekuensi penerbangan tujuh kali dalam sepekan," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam siaran resmi, Senin (8/1/2024).

Ia berharap penerbangan ini bisa membuka peluang baru bagi masyarakat, pebisnis, dan wisatawan di dua wilayah tersebut.

Baca juga: 9 Tempat Liburan di Ternate, Ada Benteng Peninggalan Zaman Kolonial

Ia melanjutkan, penerbangan rute baru ini akan mempersingkat waktu tempuh dari Ternate menuju Surabaya secara signifikan.

Sehingga, lanjutnya, dapat mendukung mobilisasi dan produktivitas masyarakat, pebisnis, hingga wisatawan yang ingin beraktivitas di kedua kota tersebut. Serta, dapat membantu pengembangan perekonomian masing-masing daerah.

Adapun waktu tempuh penerbangan langsung rute Ternate-Surabaya yakni sekitar 2 jam 45 menit. Jarak rute ini sekitar 2.895 kilometer. Jarak ini cukup dekat dibanding penerbangan transit yang mencapai jarak hingga 3.000 kilometer.

Jadwal penerbangan Lion Air rute Ternate-Surabaya

Berikut ini adalah jadwal penerbangan Lion Air rute Ternate-Surabaya:

  • Pesawat dengan nomor penerbangan JT-869 berangkat Bandara Sultan Babullah, Ternate, Maluku Utara pukul 11.45 WIT, dan tiba di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur pukul 12.45 WIB.
  • Rute sebaliknya, pesawat dengan nomor penerbangan JT-868 berangkat dari Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur pukul 06.00 Wib, dan tiba di Bandara Sultan Babullah, Ternate, Maluku Utara pukul 11.00 WIT.

Pesawat Lion Air.Dok. Lion Air Pesawat Lion Air.

Danang menambahkan, dengan dibukanya rute baru ini, dapat mempermudah wisatawan untuk terhubung ke berbagai destinasi.

Baca juga: 4 Wisata Alam di Ternate Maluku Utara, Ada Batu Bekas Letusan Gunung

Di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, wisatawan dari Ternate bisa terkoneksi ke Jakarta, Padang, Pekanbaru, Batam, Medan, Pontianak, Sampit, Pangkalan Bun, Palangkaraya, Balikpapan, Banjarmasin, Samarinda, Berau, Tarakan, Bali, Lombok, Labuan Bajo, Kupang, Jeddah, Madinah, Kuala Lumpur, dan Singapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com