Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Pecinan Glodok: Lokasi, Jam Buka, dan Cara Berkunjung

Kompas.com - 20/01/2024, 13:01 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Jelang perayaan Imlek, kawasan Pecinan Glodok ramai diserbu pengunjung. Mulai dari pengunjung yang mencari perlengkapan Imlek, menjajal kuliner, atau hanya sekadar melihat kemeriahan suasana di sana.

Menurut pantauan Kompas.com di lokasi, Kamis (18/1/2024), kemeriahan Imlek sudah mulai terasa saat masuk gerbang kawasan Pecinan Glodok.

Beragam pernak pernik khas Imlek berwarna merah dijajakan di dekat trotoar. Tidak ketinggal, aneka manisan dan kue keranjang yang tumpang tindih di depan toko.

Baca juga:

Apabila dalam waktu dekat hendak mampir ke Pecinan Glodok, simak panduan berikut sebelum berangkat.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Lokasi, jam buka, dan cara berkunjung ke Pecinan Glodok

Lokasi Pecinan Glodok

Kawasan wisata Pecinan Glodok berlokasi di Jalan Pancoran RT 2/ RW 1, Glodok, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

Baca juga:

Lokasinya cukup strategis karena dekat dengan akses KRL Commuter line dan busway Transjakarta.

Adapun stasiun KRL terdekat dari kawasan Pecinan Glodok yaitu Stasiun Jakarta Kota, sementara halte terdekat yaitu Halte Glodok.

Jam buka Pecinan Glodok

Kawasan Pecinan Glodok bisa dikunjungi setiap hari. Bagi wisatawan yang hendak berburu perlengkapan Imlek ataupun menjajal wisata kuliner di sepanjang trotoar Pecinan Glodok, bisa datang mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB.

Baca juga: Sejarah Tradisi Patekoan di Glodok Jakarta, Berikan Teh secara Gratis

Khusus wisatawan yang hendak berkunjung ke kawasan Petak Enam saja, Senin sampai Jumat tempat ini buka mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Saat akhir pekan, buka mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 21.00 WIB.

Cara berkunjung ke Pecinan Glodok

Jika hendak berkunjung ke Pecinan Glodok dalam waktu dekat, disarankan untuk datang dengan menumpangi transportasi umum. 

Potret suasana kawasan wisata Pecinan Glodok jelang Imlek 2024, Kamis (18/1/2024). Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Potret suasana kawasan wisata Pecinan Glodok jelang Imlek 2024, Kamis (18/1/2024).

Pasalnya jalanan di kawasan Pecinan Glodok jelang Imlek cukup ramai sehingga cukup sulit mencari area parkir. Ditambah, lalu lintas di sana sudah satu arah.

Jika naik KRL, wisatawan bisa turun di Stasiun Jakarta Kota lalu jalan kaki ke Pecinan Glodok. Jarak kedua lokasi ini sekitar 650 meter dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 10 menit.

Baca juga: Itinerary Seharian di Glodok, Cocok Dikunjungi Saat Libur Imlek

Sementara jika naik bus Transjakarta, wisatawan bisa turun di Halte Glodok. Dari pintu keluar Halte Glodok, ambil jalan ke arah kanan dan menyusuri trotoar sekitar 300 meter untuk sampai di gerbang masuk.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com