Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Merak-Baluran di Taman Nasional Baluran Ditutup Sementara

Kompas.com - 20/02/2024, 09:03 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Pantai Merak-Baluran dari pintu masuk Pos Watunumpuk dalam kawasan Taman Nasional (TN) Baluran di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, telah ditutup sementara untuk kunjungan wisata sejak Kamis (15/2/2024).

Pemulihan kawasan menjadi tujuan dari penutupan sementara ini.

Baca juga: Taman Nasional Baluran di Situbondo Sudah Buka Kunjungan Wisata

"Memang bergiliran, sesuai rencana awal kunjungan wisata pintu utama ditutup sebulan dan selanjutnya dari sisi barat Pos Watunumpuk sejak beberapa hari lalu juga ditutup setelah pintu utama wisata dibuka kembali," jelas Humas Balai Taman Nasional Baluran Joko Mulyono, dikutip dari Antara, Senin (19/2/2024).

Sejumlah pantai yang masih dalam satu area tersebut, antara lain Pantai Bilik, Pantai Sijile, Pantai Lempuyang, Pantai Merak, Pantai Kakapa, Pantai Balanan, Pantai Sirondo, dan Pantai Batu Hitam.

Baca juga:

Ilustrasi Pantai Bilik Sijile di dalam kawasan Taman Nasional Baluran di Situbondo, Jawa Timur.Dok. Shutterstock/Mila Iriawan Ilustrasi Pantai Bilik Sijile di dalam kawasan Taman Nasional Baluran di Situbondo, Jawa Timur.

"Khusus ke wisata Pantai Merak-Baluran ditutup sementara sekitar satu minggu karena pengunjung wisata tidak sebanyak melalui pintu utama Taman Nasional Baluran. Pada tanggal 21 Februari mendatang kami buka kembali," lanjut Joko. 

Untuk diketahui, Pos Watunumpuk juga dikenal sebagai pintu masuk dua ke sejumlah tempat wisata pantai dalam kawasan Taman Nasional Baluran. Pengunjung pun bisa membeli tiket masuk di pos ini.

Baca juga: 4 Fakta Taman Nasional Baluran, Pesona Afrika di Ujung Jawa

Setelah dari pos tersebut, wisatawan bisa menikmati panorama Pantai Bilik, yang terdiri dari teluk bilik dan semenanjung bilik. Wisatawan pun bisa melepas penat sejenak di pantai ini.

Selanjutnya ada Pantai Sijile yang berpasir putih. Pantai ini memiliki dua muara yang terpisah oleh daratan dan bentuknya mirip lidah.

Wisatawan bisa melihat pemandangan terumbu karang, hutan bakau, dan Gunung Baluran dari pantai ini.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Generasi Cuan (@gen.cuan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com