Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara ke Kafe Istana Merdeka Naik KRL, Transjakarta, dan MRT

Kompas.com - 25/02/2024, 09:09 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di kawasan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, ada kafe dengan konsep semi terbuka yang bisa dikunjungi oleh masyarakat umum, namanya Merdeka Lounge.

Kafe yang sudah ada sejak Februari 2023 ini mulanya memang dibuka untuk karyawan di Kementerian Sekretariat Negara dan Istana Merdeka. 

Namun melihat animo pengunjung yang cukup besar, alhasil sekitar dua bulan usai dibuka, kafe ini kemudian dibuka untuk masyarakat umum.

Baca juga:

Manager Merdeka Lounge, R.M Famor Kertapati mengatakan bahwa kafe ini bukan di bawah pengelolaan kementerian. Melainkan dikelola oleh pihak swasta yang bekerja sama dengan koperasi yang menaungi karyawan Kementerian Sekretariat Negara.

Meskipun berada di dalam lingkungan pejabat, tetapi harga makanan dan minuman yang ditawarkan cukup merakyat, yakni dibanderol mulai dari Rp 8.000 sampai Rp 40.000.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Lokasi Merdeka Lounge berada di pusat kota, sehingga mudah diakses menggunakan transportasi umum. Berikut rute yang ditempuh bila pengunjung datang naik KRL Commuter Line, Transjakarta, dan Moda Raya Terpadu (MRT).

Cara ke kafe Istana Merdeka naik KRL

Stasiun KRL terdekat dari kafe Istana Merdeka yaitu Stasiun Juanda. Jarak kedua lokasi ini sekitar 1,5 kilometer dan dapat ditempuh naik ojek online sekitar lima menit.

Bila datang dari arah Jakarta Kota, calon pengunjung bisa naik KRL tujuan Bogor dan turun di Stasiun Juanda. 

Baca juga: 6 Tempat Healing di Jakarta Pusat, Bisa Melipir ke Hutan Kota

Sebaliknya, bila datang dari arah Bogor, Nambo, Depok, Pasar Minggu, dan Manggarai, bisa naik KRL tujuan Jakarta Kota dan turun di Stasiun Juanda.

Sementara itu, calon pengunjung yang datang dari arah Tangerang Selatan dan Rangkasbitung bisa naik KRL ke Stasiun Tanah Abang dahulu.

Stasiun Juanda, salah satu stasiun KRL dekat Monas.Dok. Shutterstock/Benno Putro Stasiun Juanda, salah satu stasiun KRL dekat Monas.

Kemudian transit naik KRL tujuan Stasiun Manggarai. Di Stasiun Manggarai, transit kembali naik KRL tujuan Stasiun Jakarta Kota dan turun di Stasiun Juanda.

Calon pegunjung yang datang dari arah Cikarang, Bekasi, dan Jatinegara bisa naik KRL tujuan Stasiun Manggarai. Di Stasiun Manggarai transit naik KRL tujuan Stasiun Jakarta Kota dan turun di Stasiun Juanda. 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com