Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Museum di Jakarta Pusat, Cocok untuk Liburan Sekolah

Kompas.com - 23/06/2023, 18:09 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Jika menggemari sejarah, salah satu wilayah yang wajib dikunjungi di Ibu Kota adalah wilayah Jakarta Pusat.

Sebab, kamu bisa mendatangi banyak museum dengan beragam sudut pandang soal sejarah Tanah Air. Beberapa museum pun lokasinya relatif berdekatan sehingga bisa disambangi dengan berjalan kaki atau menaiki kendaraan umum.

Baca juga:

Berikut beberapa rekomendasi museum di Ibu Kota yang bisa didatangi saat momen liburan sekolah:

Rekomendasi museum di Jakarta Pusat

1. Monumen Nasional

Jam operasional delman yang telah diatur oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat membuatnya sudah tak terlihat di sekitar Monumen Nasional (Monas), pada Rabu (11/1/2023). KOMPAS.com/Muhammad Isa Bustomi Jam operasional delman yang telah diatur oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat membuatnya sudah tak terlihat di sekitar Monumen Nasional (Monas), pada Rabu (11/1/2023).

Monumen Nasional (Monas) dikenal sebagai salah satu landmark Jakarta. Di Monas, wisatawan bisa naik ke atas untuk melihat pemandangan Ibu Kota dari ketinggian secara menyeluruh atau mengunjungi Museum Sejarah di lantai bawah.

Terletak di bagian Tugu Monas, museum ini berisi beberapa diorama yang menggambarkan kehidupan masyarakat Indonesia dan proses memperjuangkan kemerdekaan. 

Adapun Tugu Monas beroperasi dari hari Selasa sampai Minggu, dari pukul 08.00 WIB-16.00 WIB. Harga tiket masuknya mulai Rp 5.000 untuk pengunjung dewasa, mulai Rp 2.000 untuk pengunjung anak, dan mulai Rp 3.000 untuk mahasiswa, dikutip dari akun Instagram resmi Monas.

Pengunjung wajib membayar tiket masuk dengan kartu JakCard. Bila belum memilikinya, bisa membeli di loket seharga mulai Rp 45.000 dan sudah termasuk saldo Rp 20.000. 

Baca juga: Itinerary ala Kaisar Jepang di Jakarta-Bogor, Kunjungi Kebun Raya dan Monas

2. Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional di Jakarta Pusat.SHUTTERSTOCK/SAIKO3P Museum Nasional di Jakarta Pusat.

Museum Nasional Indonesia terletak tidak jauh dari Monas, tepatnya di sisi Jalan Medan Merdeka Barat. Jika naik bus TransJakarta, wisatawan pun tinggal turun di Halte Monas. 

Museum Nasional mengoleksi berbagai benda bersejarah yang berhubungan dengan masyarakat dan budaya Indonesia, antara lain arca, alat musik, perhiasan, dan senjata.

Wisatawan bisa mendatangi museum ini dari Senin hingga Minggu, tepatnya dari pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Harga tiket masuknya mulai Rp 15.000 baik untuk pengunjung dewasa maupun anak.

Baca juga: Museum Nasional Larang Pengunjung Foto Pakai Kamera Profesional

3. Gedung Joang 45

Susur malam di Gedung Joang 45 bersama Klub Tempo Doeloe.KOMPAS.com / Suci Wulandari Putri Susur malam di Gedung Joang 45 bersama Klub Tempo Doeloe.

Bila ingin tahu sepak terjang pemuda Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan, salah satu museum yang wajib dikunjungi adalah Gedung Joang 45. 

Selain diorama, pengunjung juga bisa melihat koleksi bersejarah lainnya, di antaranya senjata, lukisan, seragam, mobil Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno, dan mobil Wakil Presiden pertama Indonesia Moh. Hatta.

Gedung Joang 45 buka dari Selasa hingga Minggu, dari pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Harga tiket masuknya mulai Rp 5.000 untuk pengunjung dewasa, mulai Rp 3.000 untuk mahasiswa, dan mulai Rp 2.000 untuk pengunjung anak.

Baca juga: Jelajah Gedung Joang 45 Malam Hari, Lihat Seragam Tentara Motif Polkadot

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com