Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Ide Aktivitas Liburan yang Seru Bagi Pelajar SMA

Kompas.com - 18/06/2023, 15:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Libur telah tiba! Agar liburan tidak membosankan, kamu bisa melakukan sejumlah aktivitas seru.

Mencoba hal baru yang positif bisa menjadi kegiatan seru mengisi liburan. Aktivitas liburan tidak harus mengeluarkan banyak biaya, lho.

Baca juga:

Ada sejumlah ide aktivitas liburan yang bisa kamu lakukan di rumah. Berikut 12 ide aktivitas liburan khusus untuk anak SMA yang patut dicoba.

1. Mengunjungi tempat wisata 

Wahana di Jogja BaySitus Jogja Bay Wahana di Jogja Bay

Liburan adalah waktu buat melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata bersama teman-teman.

Ada banyak tempat wisata dalam negeri yang bisa kamu kunjungi, mulai dari pantai, gunung, museum, candi, taman hiburan, eduwisata, dan sebagainya. Kota-kota favorit untuk berlibur di Indonesia antara lain, Bandung, Bogor, Yogyakarta, Solo, Medan, Lombok, Bali, dan masih banyak lagi.

Jalan-jalan ke tempat wisata juga tidak harus mahal. Kamu bisa coba jalan-jalan ala backpacker sehingga bisa menghemat budget.

Jika ingin liburan ke luar kota, sebaiknya siapkan rencana perjalanan jauh-jauh hari sehingga liburan kamu bisa nyaman dan lancar.

2. Berkunjung ke rumah saudara 

Momentum liburan juga bisa kamu gunakan untuk bertemu saudara yang jarang dijumpai pada hari-hari sekolah. Kalian bisa melakukan aktivitas bersama yang seru untuk mengisi liburan.

Jika saudara berada di luar kota, kamu bisa berkunjung sekaligus jalan-jalan ke luar kota. Pasti banyak cerita dan pengalaman seru yang menarik untuk dibagi bersama saudara.

3. Staycation 

Ilustrasi staycation di hotel. (Dok. Shutterstock/ De Boyloso) Ilustrasi staycation di hotel. (Dok. Shutterstock/ De Boyloso)

Tren staycation mulai marak ketika pandemi Covid-19 mulai melanda Indonesia. Mengutip Kompas.com (25/7/2017), staycation merujuk pada liburan di dalam kota. 

Dengan staycation, kamu bisa menghemat budget transportasi karena destinasinya berada di dalam kota. Kamu bisa memilih hotel atau vila dengan pemandangan instagramable untuk tempat staycation

Jangan lupa ajak teman atau keluarga supaya staycation kamu semakin seru. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com