Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Wisata Edukasi di Puncak yang Wajib Dikunjungi Saat Libur Sekolah 

Kompas.com - 17/06/2023, 16:45 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kawasan Puncak adalah destinasi wisata favorit yang tidak pernah sepi dari wisatawan. Ada beragam wisata edukasi di Puncak yang bisa dikunjungi saat libur sekolah.

Baca juga:

Selain dipenuhi tempat wisata, kawasan Puncak memiliki udara sejuk khas pegunungan sehingga cocok untuk melepas penat. Ada beragam aktivitas wisata yang dapat dilakukan anak-anak, mulai dari melihat satwa, bermain wahana, mengunjungi taman, dan sebagainya.

Kawasan Puncak masuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Wisata edukasi di Puncak 

Berikut sejumlah wisata edukasi di Puncak, Bogor yang bisa dikunjungi saat libur sekolah bersama buah hati. 

1. Taman Wisata Matahari 

Kawasan Taman Wisata Matahari Park di kawasan Puncak, Bogor.
tamanwisatamatahari.id Kawasan Taman Wisata Matahari Park di kawasan Puncak, Bogor.

Taman Wisata Matahari atau dikenal sebagai TWM Park adalah tempat rekreasi keluarga yang menawarkan paket komplit.

Melansir laman resminya, Taman Wisata Matahari memiliki baragam wahana yang terbagi menjadi wisata air, wahana permainan, wahana petualangan, dan wisata edukasi.

Selain beragam wahana, obyek wisata yang berdiri sejak 2007 ini memiliki suasana alam asri karena dipenuhi pohon rindang dan panorama pegunungan. Tak heran, udara di kawasan wisata ini sejuk.

Jika berminat, lokasinya ada di Jalan Raya Puncak KM 77 Cilember, Cisarua, Bogor. Harga tiket masuk Taman Wisata Matahari adalah Rp  60.000 per orang, sudah mencakup tiga hingga lima fasilitas di dalamnya.

2. Little Venice 

Wahana perahu gondola mempercantik kawasan Little Venice, dibuat semirip mungkin dengan Venesia.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Wahana perahu gondola mempercantik kawasan Little Venice, dibuat semirip mungkin dengan Venesia.

Sesuai namanya, Little Venice menyajikan nuansa Kota Venesia di Italia. Obyek wisata ini sangat cocok untuk mengenalkan wawasan global kepada anak-anak.

Pengunjung bisa foto sepuasnya dengan latar belakang suasana Kota Venesia, Italia.  Selain itu, ada berbagai wahana seru yang bisa dicoba, seperti sepeda air, gondola, banana boat, bubble ball, perahu naga, dan masih banyak lagi.

Little Venice berada di Kota Bunga, Batulawang, Cipanas, Kabupaten Cianjur. Harga tiket masuk Little Venice mulai dari Rp 30.000 per orang, namun belum termasuk wahana di dalamnya.

3. Taman Safari 

Taman Safari Bogor, Jawa Barat DOK, Shutterstock/Greg PWShutterstock/Greg PW Taman Safari Bogor, Jawa Barat DOK, Shutterstock/Greg PW

Taman Safari adalah tempat wisata keluarga populer yang berada Cisarua, Bogor. Obyek wisata ini adalah konservasi satwa sekaligus wahana edukasi bagi anak-anak untuk mengenal beragam fauna secara dekat.

Melansir dari laman resminya, ada beragam aktivitas edukasi untuk anak-anak yang bisa dilakukan di Taman Safari. Mulai dari Safari Tour, mengunjungi Istana Panda, Safari Trek dan Outbond, serta Safari Malam.

Sembari berwisata, anak-anak bisa mengenal lebih dekat aneka satwa. Ada promo tiket khusus liburan sekolah pada periode 24 Juni sampai dengan 16 Juli 2023, yakni Rp 230.000 per orang. 

Baca juga:

4. Taman Bunga Nusantara 

Trem di Taman Bunga Nusantara.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Trem di Taman Bunga Nusantara.

Sesuai namanya, ada beragam koleksi bunga di Taman Bunga Nusantara. Tak hanya koleksi lokal, pengunjung juga bisa menjumpai koleksi bunga dari luar negeri.

Obyek wisata ini sangat pas untuk mengenalkan anak-anak pada beragam flora. Taman Bunga Nusantara kerap disebut sebagai taman bunga terbesar di Jawa Barat.

Bunga-bunga tersebut ditata secara cantik dan tematik sehingga cocok untuk latar belakang foto Instagramable. Selain taman bunga ada pula beragam fasilitas lain, seperti, menara pandang, Danau Angsa, Wira Wiri, Saung Nini, Dotto Trains, dan juga tempat piknik.

Lokasi Taman Bunga Nusantara berada di Jalan Mariwsati, KM 7, Kawungluwuk, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur.

5. Nicole’s River Park 

Nicole's River Park di Bogor. Instagram/@nicolesriverpark Nicole's River Park di Bogor.

Nicole's River Park adalah tempat wisata baru di Bogor yang buka pada Desember 2022 lalu. Mengutip Kompas.com (11/1/2023), konsep obyek wisata ini adalah One Stop Recreation Park.

Wisatawan bisa berfoto dengan begron miniatur landmark dari berbagai negara, seperti Jepang, Korea, Santorini, China, dan negara-negara Eropa. Obyek wisata ini sangat pas untuk menambah pengetahuan umum anak-anak.

Selain itu, anak-anak bisa belajar membuat coklat di Chocolaterie. Adapun harga tiket kawasan Nicole's River Park pada Senin-Jumat sebesar Rp 30.000, sedangkan Sabtu-Minggu dan libur nasional Rp 40.000 per orang.

Namun, tiket itu tidak termasuk wahana lainnya di Nicole's River Park. Lokasi Nicole's River Park berada di Jalan Raya Puncak, Cipayung Datar, Kecamatan Megamendung, Bogor.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com