Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Kenaikan Harga Tiket Masuk Pura Lempuyang Per Maret 2024

Kompas.com - 26/02/2024, 14:05 WIB
Silvita Agmasari

Editor

KOMPAS.com - Tiket masuk Objek Wisata Pura Lempuyang, Desa Tribuana, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem rencananya akan naik mulai Maret 2024.

Kenaikan harga tiket masuk Pura Lempuyang berlaku untuk wisatawan  mancanegara, domestik, dan tarif shuttle bus. Penyesuaian sesuai kesepakatan adat dengan  pengelola wisata.

Saat ini harga tiket masuk wisatawan mancanegara sebesar Rp 55.000 perorang dan  domestik Rp 30.000 perorang, sedangkan shuttle bus sebesar Rp 40.000. Selama ini tiket masuk sudah termasuk dengan jasa pinjam sarung dan pemandu. 

Bendesa Adat Purwayu, Nyoman Jati, mengatakan, tiket masuk Objek Wisata Pura Lempuyang dinaikan karena ada pemungutan pajak dari Pemerintah Kab. Karangasem  sebesar 10 persen yang sudah ditetapkan  per 1 Januari  2024. 

Pemungutan pajak 10 persen berlaku untuk  ektor wisata di Karangasem.

Baca juga:

"Nominalnya belum ditentukan karena belum melakukan kajian dan perhitungan,"kata Nyoman Jati, dikutip dari Tribun Bali, Rabu (17/1/2024).

Kata I Nyoman Jati, dalam waktu dekat pemandu, pengelola, serta adat akan lakukan koordinasi untuk menentukan penyesuaiannya.

Sehingga pemandu, pengelola, serta adat tetap dapat pemasukan setelah di potong pajak sekitar 10 persen.

Kemungkinan awal Maret ditentukan harga tiketnya,"tambahnya.

Untuk saat ini kunjungan tamu ke Wisata Pura Lempuyang alami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah pengunjung per hari sekitar 500 orang, di dominasi wisatawan mancanegara.

Jumlah wisatawan ke Pura Lempuyang rata-rata 1.000 orang per 2023. Artinya ada penurunan sekitar 50 persen. Ppenyebab penurunan kunjungan wisatawan belum diketahui detail.

I Nyoman Jati berharap kunjungan wisatawan ke Pura Lempuyang bisa meningkat drastis pada 2024.

"Kunjungan tamu di 2023 kemarin, hampir 90 persen mancanegara," tambahnya.

Pura Lempuyang Luhur, Pura Kahyangan Jagat yang berada di Kabupaten Karangasem, dengan latar belakang panorama Gunung Agung yang memesona.Dok.karangasemkab.go.id Pura Lempuyang Luhur, Pura Kahyangan Jagat yang berada di Kabupaten Karangasem, dengan latar belakang panorama Gunung Agung yang memesona.

Sebelumnya, Objek Wisata Taman Tirta Gangga, Desa Ababi, dan Taman Sukasada, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem sudah menaikan tiket masuk per Januari 2024.

Tiket Pura Besakih juga direncanakan untuk naik per April 2024.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com