Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Penurunan Harga Tiket Pesawat ke 3 Destinasi Superprioritas 

Kompas.com - 07/03/2024, 08:07 WIB
Silvita Agmasari

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Direktur Layanan dan Niaga Garuda Indonesia Ade R Susardi mengatakan bahwa pembahasan tentang penurunan harga tiket pesawat ke tiga destinasi superprioritas (DSP), yaitu Danau Toba, Mandalika, dan Labuan Bajo, masih dalam tahap pembahasan.

"Ada beberapa faktor untuk perhitungan biaya. Nah, ini semua pihak sedang melihat itu dan mempelajari," kata Ade kepada wartawan di Jakarta, Rabu. 

Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi sebelumnya mengatakan bahwa pemerintah sepakat untuk menurunkan harga tiket pesawat ke tiga destinasi wisata superprioritas untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.

Baca juga:

Turunkan Tiket Pesawat Jadi Upaya Capai 1,5 Miliar Pergerakan Wisnus 2024

Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, Rustam Efendi, dalam jumpa pers F1 Powerboat Danau Toba 2024 d Balige, Sumatera Utara awal pekan ini berharap akan ada penurunan 12-20 persen harga tiket pesawat ke tiga destinasi superprioritas.

Namun, Ade mengatakan bahwa maskapai penerbangannya masih mempertimbangkan hal itu, dan persentase penurunan harga tiket pesawat belum ditetapkan dan masih dalam tahap pembahasan.

"Kami lihat nanti bagaimana dukungan para pemangku kebijakan. Ada banyak pemangku kebijakan yang akan mendukung proses itu," lanjutnya.  

"Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Pertamina, Angkasa Pura, dan semua pihak ini akan bicara apa yang bisa dilakukan untuk mendukung ini," kata Ade.

Baca juga: 5 Destinasi Super Prioritas Baru Indonesia, Ada Bromo dan Raja Ampat

Danau Toba.Shutterstock/E2DAN Danau Toba.

Ia megatakan, persentase penurunan harga tiket pesawat tersebut belum ada karena masih dibahas. 

"Nanti segera (diumumkan), tunggu saja," ujarnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pada Februari lalu mengatakan bahwa harga tiket pesawat hingga saat ini masih mahal dan menjadi tantangan utama dalam meningkatkan pariwisata Indonesia.

Ia mengatakan, solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menambah jumlah penerbangan dan jumlah pesawat di Indonesia.

Pemerintah Indonesia menargetkan perjalanan wisata domestik pada 2024 mencapai 1,25–1,5 miliar perjalanan. Sementara itu, perputaran uang pada sektor wisata ditargetkan Rp 3.000 triliun

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com