Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Candi Prambanan Akan Ditutup Saat Hari Raya Nyepi pada 11 Maret

Kompas.com - 07/03/2024, 09:03 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Taman Wisata Candi Prambanan di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), akan ditutup sementara saat Hari Raya Nyepi 1946 Caka, tepatnya pada Senin (11/3/2024).

Menurut Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC), Febrina Intan, penutupan ini merupakan bentuk penghormatan bagi umat Hindu.

Baca juga: Bukan Roro Jonggrang, Ini Sosok Patung di Candi Prambanan yang Sebenarnya

"Penutupan operasional Candi Prambanan dilakukan pada Senin, 11 Maret 2024, mulai pukul 05.00 hingga pukul 24.00 WIB. Penutupan ini sebagai bentuk penghormatan bagi umat Hindu dan wujud toleransi PT TWC," kata Febrina, dikutip dari Antara, Rabu (6/3/2024).

Ia menjelaskan bahwa penutupan tersebut akan dibarengi dengan pemadaman listrik di kawasan Candi Prambanan, tepatnya dari Senin (11/3/2024) pukul 06.00 WIB sampai hari Selasa (12/3/2024) pukul 06.00 WIB.

"Selain itu, saat penutupan destinasi ini, kawasan Candi Prambanan dijaga oleh 'bregada' serta patroli berkuda yang bekerja sama dengan Polda DIY," ucapnya.

Adapun Candi Prambanan akan dibuka kembali pada Selasa (12/3/2024).

Baca juga:

Program Prambanan dalam Sunyi

Candi Prambanan, merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. DOK. borobudurpark.com Candi Prambanan, merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. DOK. borobudurpark.com

Penutupan sementara Candi Prambanan merupakan bagian dari program Prambanan dalam Sunyi.  

Febrina menyampaikan, program tersebut menghadirkan suasana hening di kawasan tersebut. 

Baca juga: Candi Prambanan Ditutup Saat Hari Raya Nyepi

Hal itu, lanjutnya, sesuai dengan Catur Brata Penyepian yang terdiri dari amati geni (tidak menyalakan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak bersenang-senang).

"Mari kita sama-sama belajar tentang makna universal dari Catur Brata Penyepian, baik tentang introspeksi diri serta menumbuhkan perilaku harmoni dengan lingkungan sekitar. Keduanya mengajarkan nilai-nilai esensial tentang kebijaksanaan dan harmoni sosial untuk hadirkan kedamaian dunia," terang Febrina.

Adapun hari Senin nanti merupakan kali kedua kawasan tersebut ditutup saat Hari Raya Nyepi. 

"Kami tidak hanya mementingkan bisnis, semua tahu jika hari libur merupakan waktu yang bagus untuk mendatangkan wisatawan. Namun, kami memilih untuk menutup operasional Candi Prambanan sebagai bentuk penghormatan dan wujud toleransi," jelasnya.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com