Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAWS:Holiday Dongkrak Kunjungan ke Candi Prambanan hingga 107 Persen

Kompas.com - 02/09/2023, 16:49 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) mencatat kenaikan angka kunjungan ke Candi Prambanan di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ketika instalasi seni kontemporer KAWS: Holiday dipamerkan sepanjang 19-31 Agustus 2023.

Angka kenaikan kunjungan disebut mencapai lebih dari 100 persen jika dibandingkan dengan dua pekan pertama Agustus 2023.

"Kunjungan ke destinasi TWC Prambanan selama berlangsungnya ekshibisi KAWS:Holiday mengalami kenaikan sebesar 107,29 persen dibandingkan dengan kunjungan pada 1–18 Agustus 2023," kata Direktur Utama PT TWC Febrina Intan di Kantor Pusat PT TWC, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (2/9/2023), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga:

Febrina merinci, rata-rata kunjungan wisatawan per harinya pada periode pameran tersebut mencapai 9.062, dengan angka kunjungan tertinggi mencapai 18.272 pada Minggu (27/8/2023).

Sementara angka kunjungan total ke Candi Prambanan selama periode pameran mencapai 117.808 orang.

Menurutnya, instalasi karya seniman kontemporer dari Amerika Serikat, Brian Donnelly itu menjadi daya tarik bagi wisatawan, terutama milenial untuk berbondong-bondong ke Candi Prambanan.

"Ini menjadi angin segar untuk mereaktualisasi destinasi wisata cagar budaya dan sejarah menjadi destinasi yang lebih bisa diterima oleh banyak kalangan tanpa mengurangi nilai sakral dan keluhurannya," ucap dia.

KAWS: Holiday di Prambanan, YogyakartaALLRIGHTRESERVED KAWS: Holiday di Prambanan, Yogyakarta

Febriana mengatakan bahwa hadirnya KAWS:HOLIDAY Organized by AllRightsReserved di Taman Wisata Candi Prambanan ini menambah daya tarik baru wisatawan untuk berkunjung. Kehadiran wisatawan usia muda ini mengaktivasi destinasi, sehingga mendongkrak angka kunjungan serta mendorong peningkatan perekonomian sekitar.

Baca juga:

Viralnya instalasi ini di media sosial yang berujung pada kunjungan para wisatawan menurutnya menjadi sesuatu yang berada di luar prediksi.

"Kehadiran wisatawan usia muda di destinasi Candi Prambanan ini menghadirkan harapan baru untuk mengenalkan lebih dalam mengenai Warisan Cagar Budaya Dunia kepada anak muda," katanya.

@kompastravel Itu dia soal Kaws di Candi Prambanan. Kamu ada yang ikutin tour Kaws: Holiday? Sejauh ini, di negara mana nih instalasi Kaws favorit kamu? #kaws #kawsholiday #kawsholidayindonesia #candiprambanan #exploreindonesia #pamerankaws ? ditto - Instrumental - no/vox & karaokey & Tazzy
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com