Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upacara Tawur Agung Kesanga di Candi Prambanan Terbuka untuk Wisatawan

Kompas.com - 07/03/2024, 10:03 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Taman Wisata Candi Prambanan di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), akan tetap dibuka saat upacara Tawur Agung Kesanga pada Minggu (10/3/2024). 

Upacara yang akan diadakan di Lapangan Wisnu ini merupakan bagian dari rangkaian Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu. Tahun ini, Hari Raya Nyepi akan jatuh pada Senin (11/3/2024).

Baca juga: Bukan Roro Jonggrang, Ini Sosok Patung di Candi Prambanan yang Sebenarnya

"Upacara Tawur Agung ini merupakan rangkaian menyambut Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu, kami tidak melakukan penutupan kunjungan wisatawan ke Candi Prambanan, justru pengunjung kami ajak untuk menyaksikan jalannya ritual ini," jelas Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC), Febrina Intan, dilansir dari Antara, Rabu (6/3/2024).

Upacara ini, lanjut Febrina, tidak tertutup bagi umat Hindu, tapi juga terbuka bagi semua pihak yang ingin ikut menyaksikan.

"Candi Prambanan mengundang semua pihak untuk turut menyaksikan langsung dan memaknai nilai-nilai universal yang ada dalam perayaan ini," tuturnya.

Baca juga:

Ada paket Immersive Tawur Agung Package 2024

Candi Prambanan, merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. DOK. borobudurpark.com Candi Prambanan, merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. DOK. borobudurpark.com

Terdapat paket Immersive Tawur Agung Package 2024 untuk wisatawan yang ingin mengikuti rangkaian upacara Tawur Agung Kesanga di Candi Prambanan. 

Wisatawan yang ikut paket tersebut akan diajak mengikuti rangkaian upacara, misalnya melihat sendratari dan melihat upacara Mecaru lebih dekat. 

"Peserta juga akan menyaksikan tarian Samudra Mantana, refleksi pembersihan diri yang dipandu oleh pinandita, arak-arakan, dan dilanjutkan dengan grebeg gunungan," ucap GM of Prambanan & Keraton Ratu Boko PT TWC, I Gusti Putu Ngurah Sedana.

Adapun harga Immersive Tawur Agung Package 2024 adalah mulai Rp 250.000 untuk wisatawan nusantara dan mulai Rp 500.000 untuk wisatawan mancanegara. 

Reservasi harus dilakukan terlebih dahulu lewat nomor 081-804-044-529.

Baca juga: Bukan di Jawa Tengah, Candi Prambanan Ternyata Masuk DI Yogyakarta

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com