Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Perangko Indonesia, Serunya Liat Koleksi Perangko Lawas

Kompas.com - 10/03/2024, 09:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

Sumber TMII

KOMPAS.com - Bingung mau menghabiskan akhir pekan dengan aktivitas apa? Ada rekomendasi wisata edukasi yang bisa kamu lakukan, terutama jika kamu berada di Jakarta Timur dan sekitarnya. 

Kamu bisa mampir ke Museum Perangko Indonesia yang berada satu tempat di Taman Mini Indonesia Indah, di sana kamu kamu menemui dan belajar banyak koleksi perangko yang diterbitkan sejak puluhan tahun lalu. 

Mengulik lebih jauh seputar Museum Perangko Indonesia simak penjelas daya tariknya berikut ini. 

Baca juga:

Sejarah Museum Perangko Indonesia

Dilansir dari laman resmi TMII, Museum Perangko merupakan wahana edukasi di Jakarta yang didirikan atas usulan Ibu Tien Soeharto. Usulan tersebut bermula dari kunjungannya ke pameran perangko yang diadakan oleh PT Pos Indonesia di tahun 1981.

Selang dua tahun setelahnya museum ini kemudian dibangun dengan gaya Bali dan diresmikan pada tahun 1983. Saat itu, perangko merupakan sesuatu yang penting, yang mana bisa memberikan kebanggaan bagi bangsa yang berdaulat dan merdeka.

Daya tarik Museum Perangko Indonesia

Di sebelah kanan dari kantor Museum Perangko Indonesia digunakan sebagai kantor pengelola dan tempat pertemuan, sementara di sebelah kirinya digunakan untuk memberikan pelayanan jasa dari PT Pos Indonesia.

Para pengunjung bisa melihat secara langsung perangko asli asal Indonesia hingga luar negeri. Tak hanya itu saja, ada ruang penyajian II yang mana menampilkan adanya materi dalam sejumlah slide tentang proses membuat perangko. Salah satunya dengan proses melukis.

Terdapat slide yang juga menampilkan adanya cara mencetak perangko dengan penampang dari fiber glass yang menghasilkan lima warna, yang mana saat itu digunakan oleh Perum Peruri.

Di lain ruangan, terdapat juga sejumlah perangko yang terbit di tahun 1864-1950, tahun dimana masih adanya penjajahan di Indonesia oleh Belanda dan Jepang.

Ada ruang penyajian V yang mana menampilkan adanya koleksi perangko 'cari kenangan' yang telah diterbitkan sejak tahun 1950. Sementara itu, di ruang tersebut juga para pengunjung bisa menemukan perangko dengan tema sosial, pariwisata, alam, lingkungan, dan kemanusiaan.

Lokasi Museum Perangko Indonesia

Museum Perangko Indonesia berada di Taman Mini Indonesia Indah, Jalan Taman Mini Indonesia Indah, Cipayung, RW.2, Ceger, Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Buka dari pukul 05.00-20.00 WIB.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com