Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Gunung di Jawa Tengah yang Cocok untuk Pemula, Kunjungi Pas Lebaran

Kompas.com - 11/04/2024, 17:05 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada musim libur lebaran tahun ini, Jawa Tengah menawarkan berbagai pilihan gunung yang cocok untuk pendaki pemula. 

Dengan pemandangan alam yang menakjubkan dan rute pendakian yang relatif mudah, gunung-gunung ini menjadi destinasi yang menarik bagi para pecinta alam yang ingin merayakan liburan lebaran dengan petualangan mendaki gunung.

Berikut adalah beberapa gunung pemula di Jawa Tengah yang dapat menjadi pilihan untuk dikunjungi saat libur Lebaran:

1. Gunung Prau

Gunung Prau, salah satu gunung di Jawa Tengah, memiliki ketinggian 2.590 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan dikenal sebagai gunung yang cocok untuk pendaki pemula.

Panorama sisi barat Gunung Prau via Dieng.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Panorama sisi barat Gunung Prau via Dieng.

Akses dan medannya tidak sulit, membuat Gunung Prau diminati oleh banyak pendaki. Pendakian ke puncak Gunung Prau dari basecamp hanya memerlukan waktu sekitar 3-4 jam. 

Terdapat beberapa jalur pendakian, di antaranya melalui Patak Banteng yang menawarkan rute paling singkat menuju puncak.

Sementara jalur pendakian melalui Dwarawati menawarkan medan yang lebih landai dan aman untuk pendaki pemula.

Baca juga: Pendakian Gunung Bismo via Silandak dan Sikunang Buka Lagi 11 April 2024

Selain itu, terdapat fasilitas ojek di jalur pendakian via Wates yang dapat mengantarkan pendaki menuju Pos 1.

 Hal ini membuat Gunung Prau menjadi destinasi pendakian yang menarik bagi para pecinta alam. Gunung ini akan buka kembali pada tanggal 11 April 2024 setelah lebaran. 

2. Gunung Bismo

Gunung Bismo, salah satu atap Dataran Tinggi Dieng, memiliki ketinggian 2.356 mdpl. Pendakian melalui jalur Sikunang di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, memungkinkan pendaki untuk tiba di Puncak Indraprasta dalam waktu satu jam dengan menggunakan jasa ojek. 

Pemandangan di Puncak Gunung Bismo menggunakan drone.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pemandangan di Puncak Gunung Bismo menggunakan drone.

Di puncak tersebut, para pendaki akan disuguhkan dengan panorama 360 derajat yang memukau. Dari ketinggian tersebut, mereka dapat menyaksikan keindahan Gunung Sindoro, Sumbing, Telaga Menjer, Gunung Slamet, dan Dataran Tinggi Dieng. 

Keindahan alam yang terhampar luas menjadi daya tarik utama Gunung Bismo bagi para pendaki yang ingin menikmati keindahan alam Jawa Tengah.

Baca juga: Pendakian Gunung Bismo via Sikunang Buka Lagi, Jalur Terdekat dari Dieng

Dengan segala pesonanya, Gunung Bismo menjadi destinasi pendakian yang menarik untuk dieksplorasi. Sama seperti Gunung Prau, Gunung Bismo juga akan buka kembali pada tanggal 11 April 2024 setelah lebaran. 

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com