Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Serang Israel, Ini 8 Imbauan KBRI Teheran untuk WNI di Iran

Kompas.com - 16/04/2024, 11:11 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.comIran melakukan serangan balasan ke Israel pada Sabtu (13/4/2024) dengan meluncurkan sekitar 300 rudal dan pesawat tanpa awak (drone).

Diberitakan Kompas.com, Selasa (16/4/2024), serangan itu terjadi dua minggu setelah Israel menyerang Konsulat Iran di Damaskus, Suriah.

Serangan itu pun dikhawatirkan akan meningkatkan eskalasi konflik antara kedua negara tersebut dan negara-negara sekitarnya.

Menanggapi hal itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Teheran pun mengeluarkan imbauan untuk warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal atau berdomisili di Iran.

Baca juga: Pemerintah Antisipasi Dampak Ekonomi dari Konflik Iran-Israel

Imbuan untuk WNI di Iran

Berikut ini adalah imbauan dari KBRI Teheran untuk WNI di Iran, dikutip dari posting akun Instagram resmi KBRI Teheran, Senin (15/4/2024):

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas.com (@kompascom)

  1. Menyiapkan run bag dengan isi barang-barang esensial, seperti dokumen penting, uang tunai, makanan dan minuman yang cukup, pakaian, dan perlengkapan pribadi, serta obat-obatan.
  2. Mempertimbangkan pulang ke Indonesia secara mandiri, sekiranya situasi memungkinkan
  3. Melakukan lapor melalui peduliwni.kemlu.go.id
  4. Tetap tenang dan menetap (stay put) di kediaman masing-masing, serta menghindari kerumunan massa dan daerah berpotensi rawan atau berbahaya
  5. Menghindari penggunaan media sosial yang tidak perlu dan berpotensi kepada misinformasi
  6. Berkoordinasi dengan KBRI secara intens dan memantau media sosial KBRI secara berkala
  7. Senantiasa menaati imbauan keamanan yang dikeluarkan otoritas terkait
  8. Apabila dalam kondisi darurat, silakan menghubungi hotline KBRI Teheran di nomor +989024468889 (telepon dan whatsapp) atau +989914668845 (hanya whatsapp)

Waspada dan antisipasi eskalasi konflik

Selain di Iran, WNI di beberapa negara Timur Tengah lain, seperti Israel, Yordania, Irak, Lebanon, Mesir, Suriah, dan Yaman untuk waspada dan mengantisipasi eskalasi konflik.

Sistem pertahanan udara Israel di Ashkelon menangkal serangan Iran, pada Minggu (14/4/2024).REUTERS via BBC INDONESIA Sistem pertahanan udara Israel di Ashkelon menangkal serangan Iran, pada Minggu (14/4/2024).

WNI di negara-negara tersebut juga diminta untuk melapor ke KBRI atau KJRI terdekat, atau secara online melalui laman peduliwni.kemlu.go.id.

WNI juga diimbau menunda perjalanan ke beberapa negara Timur Tengah tersebut demi alasan keamanan.

Baca juga: PBB Minta Iran dan Israel Menahan Diri, Dunia Tak Mampu Tanggung Banyak Perang

Selain itu jika ada rencana perjalanan yang melewati wilayah udara negara-negara Timur Tengah, hubungi maskapai penerbangan masing-masing untuk mendapat info terbaru seputar penerbangan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com