Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Masuk Tempat Wisata di Bantul Naik mulai 1 Mei 2024

Kompas.com - 19/04/2024, 13:17 WIB
Markus Yuwono,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), resmi menaikkan tarif rertribusi wisata tahun 2024. Kenaikan akan dimulai awal Mei 2024, tepatnya Rabu (1/5/2024).

Kasi Promosi dan Pelayanan Informasi, Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan, berdasarkan Peraturan Bupati Bantul Nomor 23 Tahun 2024 tentang Tarif Retribusi Jasa Usaha Atas Pelayanan Tempat Rekreasi, Pariwisata, dan Olahraga, ada kenaikan retribusi masuk di sejumlah tempat wisata.

Baca juga: 

"Besaran Tarif Retribusi Jasa Usaha Atas Pelayanan Tempat Rekreasi, Pariwisata, dan Olahraga berlaku mulai Rabu, 1 Mei 2024 jam 00.00 WIB," kata Markus saat dihubungi melalui telepon Jumat (19/4/2024).

Contohnya adalah tarif masuk Pantai Parangtritis yang sebelumnya Rp 10.000, naik menjadi Rp 15.000 ditambah asuransi. Adapun rinciannya sebagai berikut:

  1. Kawasan Pantai Parangtritis dan Pantai Depok menjadi Rp 14.500 ditambah asuransi Rp 500 untuk setiap masuk setiap orang.
  2. Kawasan Pantai Baros, Pantai Samas, Pantai Pandansari, Pantai Goa Cemara, Pantai Patehan, Pantai Cangkring, Pantai Kuwaru, Pantai Baru, dan Pantai Pandansimo menjadi Rp 14.500 ditambah asuransi Rp 500 untuk setiap masuk setiap orang.
  3. Kawasan Goa Selarong menjadi Rp 9.500 ditambah asuransi Rp 500 untuk setiap masuk setiap orang.
  4. Kawasan Goa Cerme menjadi Rp 9.500 ditambah asuransi Rp 500 untuk setiap masuk setiap orang.

Baca juga:

Destinasi wisata Goa Selarong di BantulDok Humas Pemkab Bantul Destinasi wisata Goa Selarong di Bantul

Markus melanjutkan, pemerintah akan berupaya meningkatkan fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Diharapkan mereka bisa berwisata dengan nyaman.

Pasca-kenaikan harga tiket retribusi masuk tempat wisata pantai, sejumlah kegiatan akan digelar area tersebut.

Salah satunya keroncong pesisiran yang akan dilaksanakan di Pantai Goa Cemara, selanjutnya ada pula festival kuliner yang akan digelar di Pantai Baru.

"Tentu kami akan meningkatkan fasilitas untuk kenyamanan pengunjung," kata dia. 

Baca juga: Desa Wukirsari di Bantul, Juara 1 ADWI 2023 Kategori Desa Wisata Maju

Ketua Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Pantai Goa Cemara, Bayu Sujaka mengaku khawatir terjadi penurunan kunjungan. Sebab, jumlah kunjungan wisatawan masih stagnan dengan harga tiket masuk tempat wisata Rp 10.000 per orang.

Pihaknya berharap pemerintah bisa menambah fasilitas sehingga menarik kunjungan. 

"Seharusnya ketika mau menaikkan harga tiket retribusi maka harus dibarengi dengan penambahan sarana dan prasarana di obyek wisata sehingga menarik wisatawan datang," kata Bayu.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com