Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Festival Keraton Nusantara XI Genjot Kunjungan Wisatawan ke Cirebon

FKN XI yang berlangsung selama lima hari, 15-19 September 2017 dimeriahkan dengan gelaran kesenian dan kebudayaan dari 50 kesultanan dan raja-raja yang ikut dalam festival budaya tersebut.

(BACA: Pilihan Oleh-oleh yang Bisa Anda Bawa dari Cirebon)

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Esthy Reko Astuti mengatakan, FKN XI merupakan salah satu festival budaya untuk mendukung target mendatangkan 15 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan 165 juta wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air tahun ini.

“FKN selain sebagai sarana pelestarian budaya nusantara, juga menjadi sarana promosi pariwisata dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Cirebon,” kata Esthy Reko Astuti ketika menghadiri acara pembukaan FKN XI oleh Sultan Sepuh ke-14 Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat, Jumat (15/9/2017), dalam siaran pers Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kemenpar.

(BACA: Bubur Sup Ayam Hangat, Pilihan Sarapan di Cirebon)

Selama lima hari berlangsungnya FKN XI dimeriahkan dengan sejumlah acara berupa pergelaran seni dan budaya bernuansa keraton antara lain Kirab Agung Prajurit Keraton, Pergelaran Kesenian Keraton, Pergelaran Upacara Adat Keraton, Pergelaran Busana Keraton, Pameran Benda-Benda Pusaka Keraton, dan Pertemuan Raja/Sultan Nusantara.

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut berlangsung di 3 keraton yang ada di Cirebon yaitu Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, dan Kacerbonan.

(BACA: Lezatnya Empal Asem Cirebon, Ini Empal Gentong Tanpa Santan)

Beberapa titik tempat milik Keraton juga dipersiapkan seperti Taman Air Sunyaragi menjadi tempat utama dalam mendukung pelaksanaan FKN XI. Selama lima hari kegiatan festival berlangsung diperkirakan akan menarik sekitar 10.000 pengunjung.

Selama berlibur di Cirebon, wisatawan mengunjungi obyek wisata antara lain keraton, Kampung Batik Trusmi, serta menikmati kuliner khas Cirebon antara lain empat gentong. (*)

https://travel.kompas.com/read/2017/09/16/162800027/festival-keraton-nusantara-xi-genjot-kunjungan-wisatawan-ke-cirebon

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke