Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Keliling Jakarta Naik Helikopter, Sensasinya Tak Terlupakan...

Saya bersama rekan-rekan media lainnya berkesempatan untuk mencoba naik helikopter tersebut. Melalui program wisata yakni Wonderful Joyflight yang diadakan oleh PT Whitesky Aviation, menggunakan helikopter yang dinamakan Helicity.

Jumat (22/12/2017) sekitar pukul 09.00 WIB, helikopter pun sudah siap di helipad yang berada di area Wisma Aldiron, Pancoran, Jakarta Selatan.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah cara naik helikopter harus lurus dengan pintu. Selain itu juga tidak boleh melintas di bagian belakang helikopter.

“Di belakang itu kan ada baling-baling, memang tidak boleh melewati itu, karena area berbahaya. Jadi bolehnya lewat di bagian depan (helikopter),” kata Bussiness Development and Marketing Director PT Whitesky Aviation, Ari Nurwanda saat ditemui di Wisma Aldiron, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat.

Baling-baling helikopter pun mulai berputar. Angin berhempas kuat dari arah helikopter, sehingga sangat terasa saat saya berjalan ke arah helikopter. Setelah briefing, saya pun bersiap dan diperkenankan masuk ke helikopter.

Sebelum lepas landas, saya harus memakai sabuk pengaman dan headphone demi kemanan dan kenyamanan. Pendukung kenyamanan lainnya, di helikopter ini terdapat pendingin ruangan atau AC.

Mulanya suara baling-baling begitu kencang, sehingga sedikit mengganggu komunikasi. Namun, setelah menggunakan headphone, tak lagi terdengar suara baling-baling helikopter.

Selain meredam suara, headphone ini juga digunakan untuk komunikasi di dalam pesawat. Fitur lainnya dari headphone ini, Anda bisa menikmati lagu dari ponsel Anda yang dihubungkan melalui bluetooth.

Ini merupakan pertama kalinya saya mencoba transportasi helikopter. Sambil menikmati pemandangan, terkadang terasa sedikit bergoyang jika helikopter terkena angin.  

Tak lepas dari ponsel, saya terus mengabadikan pemandangan kota, karena indahnya kota Jakarta terlihat dari ketinggian. Terlihat hilir mudik kendaraan melaju di jalan tol dan di beberapa jalan protokol.

Kemudian, pemukiman penduduk yang berdampingan dengan gedung-gedung tinggi. Rasanya seperti melihat jelas seperti apa potret kota metropolitan ini.

Rasanya tak lebih dari kira-kira 10 menit, kami pun harus kembali ke Pancoran. Saat helipad sudah terlihat, helikopter pun perlahan mulai menurunkan ketinggian hingga mendarat dengan sempurna.

Waktu tersebut ternyata cukup singkat. Tidak semua bagian Kota Jakarta saya kelilingi. Akan tetapi, naik helikopter tak seseram yang dibayangkan. Melalui fasilitas yang ada, terasa lebih aman dan nyaman selama perjalanan.

Kuncinya adalah Anda mematuhi semua peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola sebelum perjalanan naik helikopter.

Rasa penasaran saya pun terbayarkan setelah berkeliling menggunakan helikopter sambil memandangi kesibukan pagi hari di Jakarta. Pengalaman yang tak terlupakan bagi saya.

Setelah resmi beroperasi sejak Senin (4/12/2017), Helicity mengadakan program Wonderful Joy Flight. Program ini baru diadakan di Jakarta untuk sekedar berkeliling sambil menikmati panorama kota, mulai 5 Desember 2017 hingga 5 Januari 2018.

“Kalau untuk program ini biayanya spesial Rp 5,6 juta per helikopter dengan kapasitas tiga orang, untuk satu trip dengan waktu perjalanan 15 menit, melintasi daerah-daerah bersejarah,” kata Ari.

Untuk rute penerbangan helikopter dalam program ini, mulai dari Pancoran, menuju Pulomas, Sunda Kelapa, Kota Tua. Lalu masuk dari arah barat akan melintasi gedung DPR, Senayan, Semanggi, dan kembali ke Pancoran.

Perlu diketahui, sebelum berwisata naik helikopter, Anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu, minimal 60 menit sebelum jadwal keberangkatan. Selain itu, Helicity beroperasi mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB.

https://travel.kompas.com/read/2017/12/22/190000527/wisata-keliling-jakarta-naik-helikopter-sensasinya-tak-terlupakan-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke