Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengintip Rumah Singgah Sultan Siak di Kota Pekanbaru

Saya pun mengunjungi sebuah kampung di Kota Pekanbaru di mana terdapat beberapa bangunan bersejarah. Yakni Kampung Bandar yang terletak di Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru.

Kota Pekanbaru khusunya Senapelan merupakan bagian wilayah Kesultanan Siak Sri Indrapura dan pernah menjadi Pusat Pemerintahan Kesultanan Siak pada masa Kesultanan Siak ke-4 dan ke-5.

Salah satu buktinya adalah terdapat bangunan rumah panggung kayu milik Tuan Qadhi, berada tepat di bawah Jembatan Siak yang baru dibangun sekitar tahun 2014. Rumah kayu ini seringkali menjadi tempat persinggahan Sultan Siak, Sultan Syarif Qasim II.

“Rumah panggung ini terbuat dari kayu, atapnya menggunakan asbes. Pondasinya terbuat dari tiang seperti ini karena antisipasi pasangnya air sungai,” ujar pemandu wisata Pekanbaru Heritage Walk, Iwan Syawal, beberapa waktu lalu.

Saya mulai memasuki ke bagian dalam rumah. Sebelum memasuki rumah, terdapat sebuah bak berisi air. Siapa pun tamu yang masuk bisa membersihkan kaki di tempat tersebut.

Memasuki rumah panggung ini, Anda akan sedikit menaiki anak tangga. Setelah masuk, akan ada ruangan besar sebagai tempat berkumpul. Beberapa foto lama pun dipajang di sana. Mulai dari bagaimana hiruk pikuk kegiatan masyarakat di Sungai Siak, hingga penyebrangan sebelum adanya Jembatan Siak.

“Kayu-kayu yang ada di sini (bangunan rumah) masih asli. Hanya (kayu pada) lantai yang di restorasi sebagian, tetapi diganti kayu yang hampir sama, jenisnya meranti merah,” kata Iwan.

Iwan menjelaskan bangunan ini sendiri dalam litelatur yang ada telah dibangun sekitar akhir tahun 1800. Hingga saat ini bangunan rumah kayu masih dipertahankan sesuai dengan aslinya.

Terdapat juga beberapa permainan tradisional seperti gansing yang biasa dimainkan dalam perayaan agama. Gasing ini terbuat dari kayu, dengan tali dari bahan ijuk atau goni.

Rumah singgah Sultan Siak ini dibuka mulai pukul 07.00 WIB hingga 15.00 WIB setiap harinya. Namun, tidak ada kendaraan umum yang melintasi rumah singgah ini. Sehingga sebaiknya Anda menggunakan mobil sewa untuk datang ke sini.

https://travel.kompas.com/read/2018/03/21/193700227/mengintip-rumah-singgah-sultan-siak-di-kota-pekanbaru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke